Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Update Penerapan Gerbang Tol MLFF, Masih Tunggu Evaluasi di Bali

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) masih menunggu hasil evaluasi penerapan uji coba sistem layanan gerbang tol Multi Lane Free Flow (MLFF) di Bali Mandara sebelum pada akhirnya diperluas ke beberapa titik.

Pasalnya, dikatakan oleh Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan BPJT Ali Rachmadi Nasution, saat ini uji coba belum memenuhi parameter. Jadi, kini MLFF belum diperluas penerapannya.

"MLFF belum ditetapkan di tol dalam kota. Perluasan MLFF ke ruas jalan tol lainnya akan dilakukan setelah implementasi masa transisi pada jalan tol di Bali Mandara berhasil memenuhi parameter yang ditentukan," kata Ali kepada Kompas.com, Kamis (11/1/2024).

Diketahui, sistem transaksi MLFF telah dimulai pada 12 Desember 2023 lalu di tol Bali Mandara. Kini, masih dalam tahap fase uji coba internal di mana segala skenario yang terjadi sedang dilakukan.

Salah satunya, saat tahap awal uji coba MLFF masih menggunakan barrier atau palang tol untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya kerugian.

Dalam arti, mobil-mobil yang belum terdaftar di aplikasi Cantas akan tertimpa palang tol.

"Terkait evaluasi selama pelaksanaan uji coba, masih terdapat beberapa hal teknis yang harus diperbaiki dan ditingkatkan untuk penyempurnaan implementasi," kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Miftachul Munir dalam kesempatan terpisah.

"Nantinya agar memastikan tidak ada kehilangan pendapatan Badan Usaha Jalan Tol dan pengguna jalan tol tidak mendapatkan kesulitan dalam bertransaksi," lanjut dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/01/12/092200915/update-penerapan-gerbang-tol-mlff-masih-tunggu-evaluasi-di-bali

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke