Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Seberapa Irit Toyota Yaris Cross Hybrid Diajak Bertualang ke Bromo?

Tak hanya teknologi terbaru yang diberikan pada jeroan jantung pacu, tetapi ada pula yang menyematkan beberapa kelengkapan. Ada yang mengolaborasikan mesin kapasitas kecil dengan turbo dan penggunaan sistem hibrida.

Seperti Toyota, yang lebih memilih menyandingkan motor listrik dengan mesin 1.500cc pada Yaris Cross varian S dan GR. Tentunya langkah tersebut memiliki tujuan untuk memberikan efisiensi BBM yang baik dan menekan emisi gas buang.

Namun, kali ini pengujian penggunaan BBM Toyota Yaris Cross GR HEV dilakukan di kondisi jalan yang cukup ekstrem dengan sajian jalan menanjak ke arah Bromo. Perjalanan kali ini menempuh rute Surabaya, Bromo, Batu, Malang, dan kembali ke Surabaya.

Kondisi jalan yang dilalui cukup beragam, mulai dari kemacetan kota Surabaya, tol, hingga jalan berliku dan menanjak, baik ringan maupun curam. Akibat jalan sempit, tak jarang pula Yaris Cross dipaksa berhenti untuk memberi jalan kepada mobil ketika berpapasan, dan digas lagi untuk berakselerasi di jalan menanjak.

Kondisi ini biasanya cukup memakan porsi bensin yang banyak karena beban kerja mesin cukup besar sehingga perlu pengabutan bensin ekstra dari injektor. Belum lagi muatan penumpang empat orang dengan kisaran beban total 320 kg.

Menariknya, keempat penumpang yang ada berkesempatan mengemudi dengan porsi jarak dan durasi yang hampir mirip. Semoga kondisi tersebut mewakili keberagaman tipikal pengemudi.

Hasilnya, catatan MID di panel meter menunjukkan hasil 15,5 kpl. Angka tersebut tergolong irit mengingat semua kondisi lalu lintas yang beragam. Kami pun mencoba semua mode berkendara, yaitu Normal, Eco, EV mode, dan tentunya Power.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/07/07/142551815/seberapa-irit-toyota-yaris-cross-hybrid-diajak-bertualang-ke-bromo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke