Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Membeli Solar Berkualitas, Cari SPBU yang Ramai

SOLO, KOMPAS.com - Solar busuk kerap diidentitaskan pada jenis BBM tertentu, misal Biosolar. Padahal, jenis ini sebenarnya tidak jelek, karena masih bisa digunakan untuk mobil baru sekali pun.

Pengertian solar busuk sebenarnya lebih tepat disematkan pada BBM yang sudah mengalami penurunan kualitas, sehingga ketika dikonsumsi mobil bisa menyebabkan kerusakan, khususnya pada bagian injektor.

Maka dari itu masyarakat perlu waspada terhadap solar busuk. Berikut tips membeli solar agar tidak mendapatkan kualitas jelek!

Esa Pemilik Bengkel Denso Esa Diesel mengatakan membeli solar murah ada triknya agar tidak mendapatkan solar busuk.

“Solar murah memiliki kandungan air yang tinggi, sehingga bila didiamkan di dalam tangki akan menyebabkan air mengendap, ini akan menyebabkan masalah pada injektor, maka saat membeli pun perlu pilih-pilih,” ucap Esa kepada Kompas.com, Selasa (23/5/2023).

Esa mengatakan pilihlah SPBU yang sering dikunjungi oleh kendaraan untuk mengisi solar, karena dengan demikian dapat dipastikan solarnya lebih cenderung selalu dalam kondisi baru.

Menurut Esa kualitas solar yang lama menjadi stok di SPBU juga dapat memperburuk kualitas karena kemungkinan besar air akan mengendap.

“Pernah ada kasus mobil ngisi solar murah, tidak lama mobil itu mogok, dibawa ke diler hasil temuannya ada air di dalam tangki BBM, sehingga garansi hangus, injektor pun harus ganti baru padahal mobil muda,” ucap Esa.

Peristiwa tersebut menandakan bahwa ada potensi bahaya ketika mobil salah isi BBM. Bila memang terpaksa membeli solar murah, Esa menyarankan untuk memilih SPBU yang tidak terlalu lama menyimpan solar atau piliah SPBU yang ramai orang membeli solar.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/05/26/131200115/tips-membeli-solar-berkualitas-cari-spbu-yang-ramai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke