Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Video Remaja Kecelakaan Saat Balapan Liar, Pakai Gaya Superman

JAKARTA, KOMPAS.com - Video balap liar memang sering diunggah ke media sosial. Termasuk dengan yang belum lama ini disebarkan oleh akun dashcamindonesia di Instagram.

Video singkat tersebut menampilkan tiga pengendara motor yang sedang kebut-kebutan. Salah satu pengendaranya terlihat melakukan aksi dengan membaringkan tubuhnya di atas jok, atau biasa disebut dengan posisi superman.

Nahas, pengendara yang posisinya superman tadi berada di lajur yang sama dengan mobil di depannya. Seakan tidak melihat, motor yang melaju kencang tadi menabrak mobil.

Berdasarkan keterangan di unggahan tersebut, pengendara yang menabrak mobil tadi langsung meninggal dunia di tempat. Kalau diperhatikan juga pengendara tersebut tidak memakai helm saat melakukan aksinya.

Menanggapi video tersebut, Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, kelakuan kebut-kebutan saja sudah sangat membahayakan, apalagi balapan bukan di tempatnya.

"Biasanya pengendara yang tidak menggunakan helm tidak akan fokus pada area depan akibat mata terkena angin. Biasanya dia hanya fokus pada kecepatan, ketika ada objek di depan jalan tidak akan terlihat," ucap Agus kepada Kompas.com, Kamis (25/5/2023).

Selain itu, posisi berkendara yang seperti superman tadi sangat berbahaya untuk dilakukan. Manuver dari yang awalnya leluasa, jadi sangat terbatas.

"Bahaya sulit untuk melakukan manuver secara bebas sehingga motor cenderung hanya berjalan lurus," ucap Agus.

Kalau mau dibandingkan dengan balapan drag resmi dan ada pengendara yang posisi riding-nya seperti superman, memang lebih aman. Pertama karena di tempat tertutup, jadi sudah clear jalurnya.

Selain itu, kalau balap drag resmi tentu ada standar keselamatan yang harus diikuti pebalap, dari menggunakan helm sampai baju balap. Berbeda kalau di jalanan, helm saja tidak dipakai apalagi racing suit.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/05/25/152100315/video-remaja-kecelakaan-saat-balapan-liar-pakai-gaya-superman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke