Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Evaluasi Mudik 2023, Tol Trans-Jawa Jakarta Semarang Diminta Jadi Tiga Lajur

JAKARTA KOMPAS.com – Arus mudik Lebaran 2023 yang sudah berlalu mendapat evaluasi dan akan terus ditingkatkan. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pun telah menyiapkan strategi untuk memperlancar lalu lintas mudik 2024.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) agar Jalan Tol Trans-Jawa, khususnya dari Jakarta menuju Semarang dibuat menjadi tiga lajur.

Hal itu disampaikan Budi Karya di depan Komisi V beserta jajaran Kementerian PUPR, BMKG, Basarnas, dan Korlantas Polri dalam Rapat Dengar Pendapat yang disiarkan secara langsung, Rabu (24/5/2023).

"Dari saya satu saja Pak (Sekjen PUPR), jalan tol yang menuju ke Semarang itu kalau bisa tiga lajur, kalau itu tiga lajur kita mungkin bisa tidur nyenyak," ujar Budi Karya, dilansir dari Youtube Komisi V DPR RI Channel (24/5/2023).

"Jadi mungkin tetap tidak ada one way tapi ada contra flow, sehingga yang dari timur itu bisa tetap dari Kalikangkung sampai ke Jakarta tidak menggunakan jalan nasional," kata dia.

Di samping itu, hal yang perlu ditingkatkan lainnya, menurut Budi Karya, adalah yang berkaitan dengan teknologi.

"Saya pikir apa yang sudah dilakukan oleh teman-teman Jasamarga dan ASDP itu menjadi suatu catatan yang bisa dilakukan, lalu sinergi dan kolaborasi ini menjadi satu catatan yang baik," ucap Budi Karya.

"Kami terima kasih kepada stakeholder, terutama kepada TNI Polri yang memang sebagai komandan di lapangan yang kita bersama-sama menangani," ujarnya.

Budi Karya menyebutkan, selama melakukan kegiatan posko mudik Lebaran tahun 2023, pihaknya mengeklaim selalu standby alias berjaga.

“Kami melakukan kegiatan posko di Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan di lapangan, (bersama) TNI Polri secara praktiknya kami melakukan dengan bahu-membahu, dan sampai tidak tidur," kata Budi Karya.

"Nah, oleh karenanya apa yang kita lakukan ini mudah-mudahan bermanfaat untuk masyarakat. Apa yang kita lakukan ini adalah satu upaya di mana beberapa hal secara unit-unit kegiatan itu melakukan kegiatannya dengan baik, baik di darat, udara, kereta api, dan laut,” ucap dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/05/25/134100215/evaluasi-mudik-2023-tol-trans-jawa-jakarta-semarang-diminta-jadi-tiga-lajur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke