Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jeli Lihat Peluang, Ada Jasa Antar Jemput dan Urus Mobil ke Bengkel

JAKARTA, KOMPAS.com - Sibuk dan tidak punya banyak waktu untuk mengurus mobil kini punya beragam solusi. Saat ini ada jasa orang ketiga yang dapat mengurus mobil dari "a sampai z" mulai dari jemput mobil hingga diantar kembali.

Pola bisnis ini Kompas.com temui di media sosial TikTok, dengan nama akun Jasa Cokerman. Konsepnya ialah jasa membawa mobil klien ke bengkel kemudian semua diurus sampai selesai dan diantar kembali sesuai pesanan.

"Servisnya kami pada intinya menggantikan posisinya yang punya mobil," kata Hafiz Nasution pendiri Cokerman kepada Kompas.com, Rabu (24/5/2023).

"Jadi kami jemput mobil dari rumah, kantor atau dari apapun itu, bahkan dari tempat nongkrong terus kita bawa ke bengkel. Bengkelnya bebas kustomer yang pilih atau kita yang rekomendasikan," ujar Hafiz.

"Kita pantau pengerjaannya karena tidak menutup kemungkinan (bengkelnya) belum ahli atau kurang fokus dan tidak benar. Jadi fungsi kami ialah orang tengah yang memantau pekerjaan montir," kata dia.

Hafiz mengatakan, Cokerman baru berdiri pada Januari 2023 dan saat ini perkembangannya cukup pesat. Cokerman juga rajin membuat konten di TikTok untuk memperkenalkan jasa yang mempermudah pemilik mobil yang tak punya waktu.

Jumlah penonton Cokerman di TikTok juga relatif banyak. Beberapa video bahkan tembus puluhan ribu pemirsa, bahkan ada yang tembus 115.000 penonton.

"Kalau lebih beratnya lagi ada masalah kronis, kita melihat kondisi mesin atau kaki-kaki, benar tidak sih dengan keadaan parts yang sedang terpasang. Jadi kita kasih laporan yang punya mobil keputusan terserah customer. Terus kita anterin lagi ke customer," kata dia.

Hafiz mengatakan sebetulnya jasa seperti ini bukan aktivitas baru. Sebab orang yang biasa main mobil atau bengkel pasti pernah melakukan hal serupa untuk teman. Bedanya kali ini dia membuat standar operasi dan tarif yang mengikat.

"Hal ini sudah pernah kita lakuin sebetulnya dari zaman kuliah kalau ada teman yang tidak ngerti mobil tapi mobilnya mau dirapihin atau modif kita yang bawa dan temenin," ujar Hafiz.

"Cuma kan dulu kalau temenin cuma dikasih makan kalau sekarang kita bikin jasa, ada tarif dan standarnya dengan pengalaman kita main mobil," kata Hafiz.

Hafiz mengatakan, basis kustomer Cokerman pada awalnya ialah klien di bengkel miliknya yaitu Upperwheels, namun kemudian berkembang karena klien bisa menentukan mobilnya mau dibawa ke bengkel mana.

"Awal mula kenapa kita bikin ini yaitu awalnya kita ada bengkel poles, pelek dan ban, terus salah satu temen main kita di PHK pada Januari 2023. Bengkelnya sendiri dari 2016," kata Hafiz.

"Jadi karena teman kena PHK, nyari kerja susah semua orang cari kerja jadi mending kita bikin jasa. Jasanya ialah ngurusin mobil customer," ujar dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/05/25/074200515/jeli-lihat-peluang-ada-jasa-antar-jemput-dan-urus-mobil-ke-bengkel

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke