Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Motor Listrik Pakai Speaker Suara Mirip Motor Mesin Bensin

JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) tidak hanya menampilkan kendaraan-kendaraan listrik terkini bagi para pengunjung, beragam teknologi terbaru seputar EV juga bisa dijumpai.

Salah satunya adalah teknologi sound synthesizer gubahan bengkel konversi motor listrik Elders Garage. Alat ini mampu mereplikasi suara mesin menggunakan speaker stereo berukuran sedang.

Elders Garage melakukan demonstrasi di mana alat tersebut ditanam tepat di atas roda belakang motor vespa konversi.

Hasilnya, vespa listrik tetap bisa menghasilkan suara layaknya motor konvensional, walaupun tidak memiliki knalpot.

“Speaker ini terhubung dengan throttle gas. Semakin dalam tarikannya, semakin besar pula bunyinya,” kata Dayat, mekanik Elders Garage kepada Kompas.com, Sabtu (20/5/2023).

Dia menjelaskan, suara yang muncul merupakan hasil rekaman yang sudah dikumpulkan oleh Elders dan mencangkup hampir semua frekuensi mesin vespa pada umumnya, mulai dari mesin idle sampai tarikan penuh.

Pengguna juga bisa leluasa mengatur besaran volume yang dihasilkan melalui tombol fisik pada permukaan speaker. Alat ini juga bisa dimatikan jika pengendara ingin motor dalam keadaan senyap.

Selain itu, Dayat mengatakan jika kustomisasi jangka panjang sangat mungkin dilakukan. Misalnya, mengubah stok suara menjadi mesin vespa seri terbaru atau bahkan motor merek lain.

“Ini kan sepeuhnya software, jadi mudah sekali kalau mau kustom ganti suara. Ibaratnya tinggal download, pasang, selesai,” kata dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/05/21/110100015/motor-listrik-pakai-speaker-suara-mirip-motor-mesin-bensin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke