Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

BMW Luncurkan R18 Roctane, Varian Baru dengan Warna Gelap

JAKARTA, KOMPAS.com - BMW Motorrad secara resmi memperkenalkan anggota kelima dari keluarga R18, yakni R18 Roctane. Pada varian tersebut, ada komponen yang dicat hitam seperti di mesin dan knalpot ditambah bodi yang dicat.

Warna yang kontras tadi antara bodi dan cat tentu membuat motor bergaya cruiser ini jadi pusat perhatian.

Dikutip dari Rideapart, pada bagian jantung pacu, R18 Roctane dilengkapi mesin 1.802cc boxer berpendingin udara. Mesin horizontal tersebut menghasilkan 91 TK di 4.750 RPM dan torsi 157,2 Nm di 3.000 RPM.

Tenaga dan torsi tadi disalurkan ke roda belakang bukan memakai rantai, tapi shaft, seperti kopel. Selain itu, dilengkapi juga dengan transmisi manual constant-mesh enam percepatan.

Secara sasis, Roctane memakai model double-loop steel tube yang ditemukan pada R18 dan R18 Classis. Pada bagian swingarm, menawarkan sensasi yang nyaman walau agak kaku. Suspensi belakang ada setelan preload, sedangkan depan tidak ada.

Pada bagian kaki-kaki, pelek depan menggunakan ukuran 21 inci dan belakang 18 inci, keduanya model alloy. Sisi pengereman depan dan belakang memakai cakram berukuran 300mm dan kaliper empat piston (depan).

Selain itu, dilengkapi juga sustem Integral ABS yang mengombinasikan rem depan dan belakang saat tuas rem ditarik. Tetapi, untuk pedal rem jika diinjak hanya mengaktifkan rem belakang saja.

Fitur lain yang disematkan para Roctane adalah keyless entry sebagai standar. Lalu, disediakan juga tiga mode berkendara, Rain, Rock dan Roll serta ada Engine Drag Control dan Automatic Stability Control yang bisa disetel.

R18 Roctane dijual di Amerika dengan harga 18.695 dollar AS atau setara Rp 291 jutaan. Tersedua tiga warna, yakni Black Storm Metallic, Mineral Gray Metallic Matte, dan Manhattan Metallic Matte.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/05/16/150100415/bmw-luncurkan-r18-roctane-varian-baru-dengan-warna-gelap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke