Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

DAMRI Klaim Layani 1 Juta Orang Lebih Selama Periode Lebaran

JAKARTA, KOMPAS.com - DAMRI mencatat dari H-10 sampai penutupan Posko Angkutan Lebaran 2023 atau H+10 Lebaran, sudah melayani 1.052.500 penumpang.

Akhmad Zulfikri, Corporate Secretary DAMRI mengatakan, ada pertumbuhan penumpang yang signifikan kalau dibanding dengan Posko Angkutan Lebaran tahun lalu, sebesar 40,1 persen.

Rute perjalanan jarak jauh yang jadi favorit para penumpang adalah dari Jakarta ke berbagai kota besar seperti Lampung, Surabaya, Malang, Yogyakarta, Banyuwangi, Wonosobo, sampai layanan batas negara Pontianak-Kuching.

Khusus untuk wilayah Jabodetabek pada periode tersebut, tercatat lebih dari 30.000 penumpang memadati keberangkatan dari Pool DAMRI Kemayoran, Stasiun Gambir, dan Pool DAMRI Bogor dan Botani Square.

Puncak arus mudik Lebaran 2023 terjadi pada 18 April 2023 (H-4 Lebaran) dengan pergerakan penumpang sebanyak 55.448 orang. Realisasi puncak arus mudik ini melampaui target, yakni sebesar 137,62 persen dari periode yang sama pada tahun lalu.

Sedangkan untuk puncak arus balik Lebaran 2023 terjadi pada 1 Mei (H+8 Lebaran) dengan pergerakan penumpang sebanyak 55.882 orang. Sebenarnya ada juga gelombang pertama arus balik di H+2, sebanyak 53.018 penumpang.

Fikri menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada seluruh stakeholder yang telah mendukung dan menyukseskan layanan pada Angkutan Lebaran 2023 hingga berjalan lancar, aman, dan selamat.

“Apresiasi dan terima kasih kepada seluruh stakeholder, mulai dari Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, TNI, dan Polri, Pemerintah Provinsi, serta mitra kerjasama yang terlibat dalam penyelenggaraan angkutan lebaran ini, juga tidak kalah penting kepada pengguna jasa transportasi darat yang telah menjadikan DAMRI sebagai pilihan angkutan mudik tahun ini,” ucapnya.

Apresiasi juga ditujukan kepada teman-teman media yang telah memberitakan situasi terkini kepada masyarakat luas, sehingga para pemudik dapat teredukasi dan mempersiapkan perjalanan mudiknya dengan baik.

“Media berperan besar mendukung layanan angkutan lebaran khususnya dalam memberikan fakta dan informasi terkini seputar arus mudik dan arus balik, baik melalui online, cetak, maupun elektronik,” ucap Fikri.

Sinergi dan koordinasi kepada para stakeholder juga terus dilakukan DAMRI dengan optimal, untuk memastikan kelancaran pada layanan angkutan-angkutan lainnya, seperti angkutan haji yang sebentar lagi akan dioperasikan DAMRI, hingga angkutan Natal dan Tahun Baru mendatang

https://otomotif.kompas.com/read/2023/05/06/092200215/damri-klaim-layani-1-juta-orang-lebih-selama-periode-lebaran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke