Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Video Bus ANS Mengalami Rem Blong di Sitinjau Lauik, Ditolong Relawan

JAKARTA, KOMPAS.com – Rem blong merupakan kondisi yang paling ditakuti oleh setiap jenis kendaraan. Namun, kejadian ini masih kerap menimpa sejumlah kendaraan, salah salah satunya baru-baru ini dialami oleh salah satu bus dari perusahaan otobus (PO) ANS.

Bus PO ANS nyaris hilang kendali lantaran rem blong atau angin pada rem tekor saat melintasi belokan Sitinjau Lauik, Sumatera Barat.

Bus dengan kelir biru muda tersebut datang dari arah atas sehingga harus melintasi turunan dengan hati-hati dalam keadaan rem blong.

Beruntungnya, beberapa anggota relawan dari pos kamling jalan raya (PKJR) yang berada di Sitinjau Lauik dengan sigap langsung membantu bus dengan memberikan ganjalan balok pada ban bus.

Alhasil berkat pertolongan dari beberapa PKJR membuat laju bus PO ANS yang sedang mengalami rem blong mulai terkendali sehingga lolos dari situasi menegangkan.

Cuplikan video tersebut dibagikan oleh akun Tiktok @sitinjau_lauik_family, hanya saja tidak disebutkan secara detail kapan kejadian tersebut berlangsung.

“Ada beberapa faktor kenapa angin rem bus bisa tekor. Bisa terjadi karena selang bocor atau hal lain,” kata Cak Ikin kepada Kompas.com, Rabu ( 3/5/2023).

Sebagai contoh, pria yang biasa mengendarai bus AKDP trayek Cilacap - Semarang via Purworejo tersebut menyinggung permasalahan yang sering dialami saat mengendarai Hino RM280.

“Banyak keluhan dari pengemudi berkaitan dengan masalah rem saat menurun. terlalu sering injak rem maka angin akan cepat berkurang yang bisa menimbulkan rem bekerja kurang maksimal,” kata Cak Ikin.

Lantaran kinerja setiap merek sasis berbeda satu sama lain, maka penting setiap sopir yang sudah punya pengetahuan dasar mengemudikan bus untuk dibekali pengetahuan mengenal dan mempelajari sasis bus baru yang akan digunakan.

Bila sopir bus sudah mengenal dengan benar sasis bus yang akan digunakan, pengoprasiannya juga akan tepat dan terhindar dari kondisi rem blom seperti di video.

Maka dari itu, menurut Cak Ikin pelatihan atau diklat dari setiap merek sasis sangat penting untuk keselamatan berkendara.

“ Belum lama ini yang dapat undangan dari Hino untuk diklat kebetulan hanya tiga orang saja. Saya tidak dapat undangan. Jadi tidak tahu info cara mengatasi masalah kalau terjadi hal demikian,” kata Cak Ikin.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/05/03/162416215/video-bus-ans-mengalami-rem-blong-di-sitinjau-lauik-ditolong-relawan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke