Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Video Bentor Ditabrak Mobil, Ingat Soal Rem dan Jarak Aman

JAKARTA, KOMPAS.com - Video kecelakaan viral di media sosial, memperlihatkan pengemudi mobil yang menabrak becak bermotor (bentor). Sontak kejadian itu membuat tukang becak dan penumpangnya mental saat terjadi benturan.

Dalam video yang diunggah akun Instagram, dashcam_owners_indonesia, insiden tersebut terjadi pada (25/4/2023) pukul 09:26 WIB, dan kecepatan saat tabrakan ialah 39 km per jam.

"Kejadian di Kecamatan Asembagus, Kabupaten Situbondo Jawa Timur (Jalan Pantura Situbondo - Banyuwangi)," tulis keterangan unggahan dikutip Kompas.com, Kamis (27/4/2023).

Jika ditelisik dari kecepatan mobil, mobil tidak melihat becak menyeberang. Sebab becak memotong jalur secara tiba-tiba.

Marcell Kurniawan selaku Training Director The Real Driving Center (RDC), mengatakan, dalam defensive driving, usahakan untuk tidak ada yang mendadak termasuk mengerem mendadak.

Namun bagaimana jika terjadi hal yang tidak dapat diprediksi dan mengharuskan pengemudi melakukan pengereman mendadak?

"Jadi kita harus memiliki jarak aman sehingga kita memiliki waktu reaktif dan jarak berhenti yang cukup," kata Marcell kepada Kompas.com.

Pada saaat mengemudi, selalu usahakan untuk mengatur jarak aman sehingga pengereman dapat dilakukan dengan aman, jangan sampai ada panic braking.

"Ingat ya, kita harus tetap jaga jarak aman. Kalau kita tidak menjaga jarak aman, mau ngerem sebaik apapun dengan kendaraan sebagus apapun, dan teknologi rem yang paling bagus sekalipun, itupun masih ada kemungkinan gagal," ucap dia.

Pada saat melakukan pengereman mendadak, Marcell menjelaskan ada beberapa teknik pengereman yang dapat dilakukan berdasarkan mobil yang digunakan.

Jika menggunakan mobil yang sudah berteknologi ABS untuk sistem pengeremannya, Marcell menyarankan untuk langsung menginjak rem secara penuh.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/04/27/162100415/video-bentor-ditabrak-mobil-ingat-soal-rem-dan-jarak-aman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke