Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Konsumsi BBM Xpander Cross, Pajero Sport, dan Triton pada Etape Awal Merapah Trans-Jawa 2023

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah menjelajahi jalur tol Trans-Jawa pada 2022 lalu, kini Merapah Trans-Jawa 2023 hadir dengan jalur yang berbeda, yaitu menyusuri jalur alternatif tengah dan selatan Jawa.

Jalur ini dipilih karena yang kaya akan pemandangan indah dan memanjakan mata. Sekaligus untuk meliput laporan arus mudik 2023 dan informasi penting lainnya.

Bersama Mitsubishi, tim Kompas.com akan menempuh perjalanan mulai dari Jakarta, Palabuhan Ratu, Pangandaran, Cilacap, Yogyakarta, Pacitan, Malang, Semarang, Cirebon, dan akan mengakhiri perjalanan di Karawang, Jawa Barat.

Kompas.com memakai tiga mobil andalan Mitsubishi, mulai dari Xpander Cross, Pajero Sport dan Triton.

Untuk kali ini Kompas.com akan mencatat konsumsi bahan bakar yang dipakai ketiga mobil sport utility vehicle (SUV) tersebut.

Cara penghitungan dibagi setiap kali isi bahan bakar, Xpander menggunakan bensin, sedangkan Pajero Sport dan Triton pakai solar.

Jika sebelumnya etape pertama menempuh Jakarta-Pelabuhan Ratu, maka Etape kedua yaitu Palabuhan Ratu-Pangandaran via jalan nasional mulai dari Palabuhan Ratu, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Garut, Kabupaten Tasik, dan Pangandaran.

Total perjalanan menempuh jarak kurang lebih 390 Km. Mayoritas jalur yang dilewati berkelok-kelok dengan tanjakan terjal dan turunan curam, terutama di Palabuhan Ratu dan beberapa bagian di daerah Tasik.

Dalam perjalanan Merapah Trans-Jawa 2023 Pantai Selatan ini, tiap mobil diisi empat orang dewasa, yang terdiri gabungan antara laki-laki dan perempuan. Setiap mobil diisi barang bawaan pribadi.

Cara penghitungan konsumsi BBM menggunakan metode full to full. Saat berada di Pangandaran, khusus buat Pajero Sport dan Triton diajak berpetualang ke pasir pantai untuk keperluan dokumentasi dan menggunakan mode 4X4.

Catatan Kompas.com, dari perjalanan Palabuhan Ratu ke Pangandaran Xpander Cross menghabiskan 44,45 liter bensin. Sehingga jika dirata-rata konsumsi bahan bakarnya mencapai 8,77 Km per liter.

Saat isi bensin di Pangandaran, lambung Xpander Cross sudah nyaris kering sedangkan Pajero Sport dan Triton belum habis alias masih sisa cukup banyak.

Saat diisi penuh Pajero Sport Dakar 4x4 menghabiskan 49,35 liter solar. Jika dibagi antara jarak tempuh dengan jumlah solar maka rata-rata konsumsi BBM Pajero Sport yaitu 7,9 Km per liter.

Sedangkan dalam perjalanan etape ini Triton Ultimate 4x4 paling boros menghabiskan 52,34 liter solar dengan rata-rata konsumsi BBM 7,45 Km per liter.

Untuk diketahui, dalam perjalanan Triton berada di posisi paling depan alias pembuka jalan. Tak hanya membawa barang pribadi, bak belakang Triton juga diisi dengan barang-barang keperluan perjalanan.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/04/14/130100215/konsumsi-bbm-xpander-cross-pajero-sport-dan-triton-pada-etape-awal-merapah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke