Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Diajak Keliling Bali, Berapa Konsumsi BBM Toyota Agya Generasi Baru?

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Toyota-Astra Motor (TAM) mengajak rekan jurnalis nasional melakukan perjalanan All New Agya GR Sport selama 3 hari di Pulau Bali pada 4 – 6 April 2023.

All New Agya GR Sport kini tidak hanya menggunakan platform baru, tapi juga telah mengadopsi mesin baru 1.200 cc 3-silinder Dual VVT-i bertenaga 88 PS atau setara 86 Tk dan torsi 113 Nm.

Performanya juga diperkuat oleh penggunaan transmisi CVT baru yang dikembangkan dengan fixed gear ratio sehingga mampu menghasilkan akselerasi yang lebih cepat dan linear.

Selain itu, transmisi CVT juga dibekali dengan teknologi Active D Control untuk menghasilkan keseimbangan antara akselerasi dan menjaga efisiensi bahan bakar. Agar semakin fun to drive, tersedia pula fitur paddle shift.

Berbagai rute perjalanan dan destinasi menarik telah dipersiapkan khusus untuk bisa mencoba dan merasakan langsung perubahan yang menjadi keunggulan dari All New Agya GR Sport.

Setibanya di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Badung, peserta Journalist Test Drive langsung berkendara menggunakan All New Agya GR Sport menuju Museum Puri di kawasan Ubud, Gianyar.

Perjalanan yang dilewati memang tidak begitu jauh, tapi cukup menggambarkan rute berkendara sehari-hari.

Bahkan rombongan juga berkesempatan melewati jalan perkotaan yang sempit dan rute pedesaan yang berliku untuk sampai ke lokasi.

Selain kelincahannya, Agya terbaru juga menunjukkan potensi eifisiensi yang cukup baik. Mesin 1.200 cc 3-silinder rupanya tak hanya cekatan sejak putaran bawah, tapi juga irit bahan bakar.

Untuk diketahui, mobil yang redaksi Kompas.com kendarai diisi 4 orang dewasa dengan kondisi AC menyala.

Berdasarkan penghitungan MID di layar instrumen, rupanya mobil mampu menghasilkan konsumsi BBM 12,5 Km per liter setelah berkendara sejauh 36,2 Km.

Sebagai informasi, hasil ini kami dapat dalam rute kombinasi melewati kemacetan dan jalan lengang, serta gaya berkendara yang sewajarnya.

Dalam artian, ketika jalan agak kosong mobil dipacu dan bisa melakukan beberapa kali overtake.

Sementara itu, ketika padat mobil mengikuti arus lalu lintas di sekitarnya. Putaran gas juga dijaga, gas diinjak secukupunya dan tidak berlebihan saat merayap.

Dengan torsi maksimal 113 Nm yang sudah keluar sejak 4.500 rpm, putaran bawah Agya generasi baru terasa lebih kuat dibandingkan model sebelumnya.

Meskipun mobil diisi muatan penuh, mobil tidak kekurangan tenaga saat berakselerasi. Bahkan untuk melaju di perkotaan, Agya terbaru cukup bermain di putaran mesin rendah kisaran 1.000-2.000 rpm saja

https://otomotif.kompas.com/read/2023/04/05/100200215/diajak-keliling-bali-berapa-konsumsi-bbm-toyota-agya-generasi-baru-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke