Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mitos atau Fakta, Oli Kental Bikin Tenaga Mesin Mobil Berkurang?

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa pabrikan mobil memberikan ketentuan oli yang bisa digunakan pada suatu mesin tidak hanya satu spesifikasi saja. Lebih tepatnya, pengguna mobil bisa menggunakan beberapa spesifikasi oli dari yang paling encer hingga yang kental.

Terlebih lagi, Indonesia merupakan negara dengan musim tropis yang tidak akan mengalami musim dingin. Sehingga, ada banyak pilihan oli yang bisa digunakan.

Bahkan, sebagian masyarakat lebih senang menggunakan oli yang kental macam SAE 15W-40 untuk mesin bensin. Alasan mereka cukup beragam, ada yang mengatakan untuk mencegah oli menguap, agar mendapatkan suara mesin yang lebih halus dan sebagainya.

Di sisi lain, beredar juga kabar bahwa oli yang kental akan membuat tenaga mesin berkurang atau istilahnya tarikan mesin menjadi berat. Lantas, apakah benar demikian?

Technical Specialist PT Pertamina Lubricants (PTPL) Brahma Putra Mahayana mengatakan oli yang lebih kental akan membuat tenaga mesin yang dihasilkan terpangkas untuk melawan internal friksi.

“Internal friksi ini merupakan hambatan yang dihasilkan oleh karakter oli itu sendiri, semakin kental maka tenaga mesin akan berkurang, karena oli bekerja mengelilingi seluruh komponen mesin,” ucap Brahma kepada Kompas.com, Kamis (30/3/2023).

Dia mengatakan bila mesin menggunakan oli kental, maka ada sebagian tenaga mesin yang dipakai untuk melawan beban dari karakter oli itu sendiri.

“Katakan dari 100 persen tenaga, dengan oli yang kental maka ada 10 persen atau sekian persen terpotong, sedangkan oli yang encer memungkinkan tenaga yang terkonversi mencapai 99 persen,” ucap Brahma.

Sehingga, benar jika dikatakan oli yang lebih kental akan membuat tenaga mesin berkurang. Menurut Brahma, fenomena tersebut juga berpengaruh pada konsumsi bahan bakar sehingga semakin ke sini, oli yang direkomendasikan adalah yang encer.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/04/01/102200015/mitos-atau-fakta-oli-kental-bikin-tenaga-mesin-mobil-berkurang-

Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke