Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apakah Minyak Kayu Putih Efektif untuk Menghilangkan Goresan di Bodi?

JAKARTA,KOMPAS.com - Pemilik mobil sering tidak nyaman dengan bodi yang tergores karena bikin visual tak menarik dipandang.

Untuk mengatasinya, banyak orang mengeluarkan bujet perbaikan mahal. Tapi ada juga yang memilih mencoba menggunakan bahan-bahan di rumah.

Salah satunya adalah dengan menggunakan minyak kayu putih, yang umum juga digunakan untuk membersihkan bekas stiker.

Lantas apakah baret bisa hilang dan aman bagi cat? 

Pemilik Bengkel Toros Garage Yanika Prabantara mengatakan, kayu putih memiliki bahan baku yang bersifat abrasif saat digunakan membersihkan permukaan bodi. 

"Bisa bersih, kayu putih materialnya mirip kompon, keras dan abrasif. Tapi, tidak direkomendasikan untuk baret, cat bagian luarnya ikut terangkat. Malah, di bawah pernis tergerus juga. Artinya, dua lapisan cat, yaitu pernis dan cat sewarna di bagian terluar terkikis habis," kata Yanika. 

Bahaya jika penggunaan minyak kayu putih di bodi mobil tidak dilakukan secara benar. Dilihat dari kain lap yang digunakan, seperti ada bekas cat yang menempel.

Kemungkinan, saat menggosok terlalu lama dan minyak kayu putih dibiarkan kering sendirinya di atas permukaan cat. 

"Minyak jika dibiarkan kering membuat cat berubah warna, jadi kusam. Harus dioleskan lalu digosok. Tapi, proses itu tidak boleh dilakukan berulang-ulang. Kalau untuk goresan, jika bekasnya terlihat dalam, pasti tidak bisa hilang," kata dia. 

Bila memaksa untuk menghilangkan goresan, justru bagian cat di dalam panel yang tergores itu akan rusak, warnanya berubah pudar.

"Seperti itu tadi, cat kusam atau terkikis. Daya abrasif minyak kayu putih mirip kompon, keras dan mengikis," kata Yanika. 

Kepala Bengkel Nasmoco Kaligawe Semarang Mohammad Syafruddin mengatakan, perawatan bodi mobil sebaiknya menggunakan produk-produk dari merek yang terpercaya. 

"Spesifikasi kandungan material diperhatikan. Jika ingin menghilangkan goresan, sebaiknya gunakan bahan yang soft dan bukan kompon yang keras dan merusak cat. Setelah itu, dilapisi wax untuk mengembalikan warna glossy, atau menyamarkan bekas goresan," kata Syafruddin. 

https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/30/173100415/apakah-minyak-kayu-putih-efektif-untuk-menghilangkan-goresan-di-bodi-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke