Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Toyota Belum Mau Rakit Lokal Mobil Listrik, Fokus Kembangkan Hybrid

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki kuartal kedua 2023, peminat mobil listrik di Indonesia semakin meningkat. Jumlah mobil listrik nampak di jalanan juga semakin banyak.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), total mobil listrik yang didistribusikan dari pabrik ke diler alias wholesales sepanjang periode Januari-Februari 2023 mencapai 678 unit.

Walaupun pasar mobil listrik di Indonesia mulai berkembang, Toyota Astra Motor (TAM) mengaku belum berencana memperbesar pasar tersebut.

Anton Jimmi Suwandy, Direktor Pemasaran TAM menjelaskan, Toyota untuk saat ini akan tetap fokus pada pengembangan teknologi mobil hybrid.

“Belum ada pikiran untuk ke arah sana (produksi mobil listrik). Mungkin nanti, tapi bukan saat ini,” ujarnya kepada Kompas.com, Senin (27/3/2023).

Menurut Anton, penghargaan yang didapat Innova Zeniz Hybrid beberapa waktu lalu bisa menjadi bukti untuk fokus pada pengembangan lini mobil hybrid.

Dia menambahkan, pengalaman panjang Toyota di sektor hybrid bisa membuka peluang akan hadirnya teknologi hybrid di segmen lain.

Berdasarkan riset terhadap popularitas dan minat konsumen terhadap Innova Zenix Hybrid, Anton yakin akan ada mobil-mobil hybrid lainnya dari Toyota untuk konsumen Indonesia.

“Saya rasa Innova Zenix Hybrid bukanlah mobil hybrid produksi lokal terakhir. Kedepannya kami akan memperkenalkan mobil hybrid baru di segmen-segmen yang cukup gemuk (populer),” ujarnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/30/071200015/toyota-belum-mau-rakit-lokal-mobil-listrik-fokus-kembangkan-hybrid

Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke