Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tipe Ban yang Cocok untuk Perjalanan Jauh

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebelum melakukan perjalan jauh, sebagai pengguna mobil harus memastikan apakah kondisi ban aman untuk digunakan. Jika ban sudah aus, maka sebaiknya ban diganti terlebih dulu sebelum melakukan perjalanan jauh.

Dalam hal ini, Anda bisa memilih tipe ban karena ragam ban di pasaran sangat banyak dengan desain yang sesuai kebutuhan. Ada ban tipe mud terrain (MT), all terrain (AT), highway terrain (HT) dan masih ada banyak lagi.

Lantas, ban apa yang paling cocok digunakan untuk perjalanan jauh segala medan?

On Vehicle Test Manager PT Gajah Tunggal Tbk., Zulpata Zainal mengatakan ada ban yang paling cocok untuk perjalanan jauh dengan medan aspal, berlumpur dan bebatuan, misal untuk digunakan selama mudik di kampung halaman.

“Pemilihan ban sebaiknya disesuaikan dengan kondisi jalan yang akan dilalui, karena tipe ban sudah disesuaikan peruntukannya, untuk mobil apa juga sudah dipikirkan,” ucap Zulpata kepada Kompas.com, Selasa (28/3/2023).

Dia mengatakan untuk beberapa tipe ban sudah disesuaikan dengan model kendaraanya dengan memperhitungkan beban kendaraan, performa serta karakternya.

“Tipe ban AT dan MT untuk kelas SUV, ada LT, LTR untuk commercial, TBS, TBR untuk truk dan bus, ada yang lain lagi sesuai peruntukannya IDS, AGS, MC dan sebagainya,” ucap Zulpata.

Sedangkan untuk mobil pribadi seperti SUV, MPV atau city car ban yang bisa dipilih tidak terlalu banyak, hanya saja perlu mempertimbangkan medan yang akan dilalui.

“Jika untuk perjalanan jauh dengan pertimbangan jalan yang banyak aspalnya, dan beberapa jalan tanah pakai ban AT saja cukup, itu nyaman dan gagah,” ucap Zulpata.

Sedangkan ban tipe MT bisa saja menjadi pilihan jika memang jalan yang akan dilalui memang dominan off road, berlumpur, bebatuan dan sejenisnya.

“Ban MT didesain khusus agar bisa untuk jalan aspal dan superior di off road, namun kalau di aspal jalan jauh , lebih panas bannya dibanding ban passenger seperti untuk mobil sedan highway terrain (HT) dan sejenisnya,” ucap Zulpata.

Jadi, ban yang cocok untuk mobil yang akan melakukan perjalanan jauh dengan kombinasi jalan aspal dan tanah, sebaiknya pakai ban AT, namun pengguna tetap bisa memperhitungkan kembali setelah memahami kegunaan ban sesuai tipenya.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/29/141200915/tipe-ban-yang-cocok-untuk-perjalanan-jauh

Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke