Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Powerbank, Jadi Penyebab Suzuki Ignis Terbakar Saat Parkir

JAKARTA, KOMPAS.com - Video viral Suzuki Ignis terbakar saat parkir dan kondisi mesin mati sudah ditangani oleh pihak Suzuki Indonesia. Setelah diinvestigasi, mobil tersebut ternyata menyimpan powerbank di bagian dashboard.

Jika sebelumnya pemilik menggungah video di akun TikTok Frejocn menyebut tidak tidak ada alat elektronik di dalam mobil, maka Suzuki mengunggah hasil penyelidikan di akun Service Suzuki Pondok Gede.

Terlihat dalam video tersebut, investigator Suzuki menemukan powerbank atau alat portable yang menyimpan sumber daya listrik untuk pengisian perangkat elektronik dan gawai di bagian dashboard.

"Dari pengecekan tim mekanik ditemukan adanya powerbank yang ditinggalkan di atas dashboard mobil dan ditengarai menjadi penyebab terjadinya peristiwa yang tidak diinginkan tersebut," ujar Hariadi.

Hariadi mengimbau kepada masyarakat untuk lebih memerhatikan barang yang dibawa saat berkendara. Khususnya barang-barang elektronik apalagi jika mobil ditinggal dalam kondisi tertentu.

"Kami sangat menyarankan kepada pelanggan dan pengguna mobil untuk lebih memperhatikan barang-barang yang ditinggalkan di dalam mobil agar lebih aman, misalnya tidak meletakan tas berharga, perangkat komunikasi selular, powerbank, korek api gas bahkan seperti botol aerosol dalam jangka waktu yang lama," ucap dia.

"Selain itu, hindari meletakan benda di atas dashboard karena dapat menggangu visibilitas dan safety bagi pengendara," kata Hariadi.

Sebelumnya, video viral memperlihatkan Suzuki Ignis terbakar di exit tol Cibubur. Disebutkan city cartersebut terbakar dalam kondisi parkir dan mesin mati pada 21 Maret 2022, pukul 12.30 WIB.

Dalam video yang diunggah terlihat kabin mobil berantakan usai disemprot APAR di bagian dashboard. Kemudian ada lubang besar di kaca depan di sisi kiri bagian kursi penumpang.

"Jadi ini mobil kondisi lagi dalam parkir di exit tol Cibubur. Ini kondisi mobilnya habis terbakar di bagian dashboard. Padahal kondisi mesin mati ya. Ini mobil Ignis tahun 2017 kenapa ya kira-kira ya," pada Rabu (22/3/2023).

Dalam keterangan video dijelaskan bahwa posisi mobil terparkir diam dalam keadaan mesin mati dan tidak ada alat elektronik di dalam mobil.

"Gimana ya ini, punya kaca kok bisa bikin terbakar. Padahal semuanya masih ori dari Suzuki @Suzuki Motor Indonesia. Ada yang tau ga kenapa?," tulis keterangan video.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/23/134202015/powerbank-jadi-penyebab-suzuki-ignis-terbakar-saat-parkir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke