Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] Motor Ringkas Harley-Davidson X350 Resmi Meluncur, Harga Rp 70 Jutaan | Alasan Daihatsu Pertahankan Mesin Ayla 1.000 cc

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor ringkas Harley-Davidson yang X350 akhirnya resmi dirilis di China. Motor bergaya neo classic dengan mesin 350cc dua silinder tersebut dibanderol 33.388 Yuan atau setara Rp 74 jutaan.

Dikutip dari Rushlane, strategi bermain di segmen motor 350cc dan 500cc bisa dibilang jadi terobosan baru.

Harley-Davidson kali ini bermain aman dengan menggaet QJ Motor sebagai sumber dari mesinnya. Soal dimensi, Harley-Davidson punya panjang 2.110mm, lebar 785mm, dan tinggi 1.110mm, wheelbase 1.410mm. Kemudian kaki-kaki, di roda depan memakai ban berukuran 120/70 R17 dan belakang 160/60 R17.

Selain itu, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) belum lama ini meluncurkan generasi terbaru dari Daihatsu Ayla dengan tampilan yang berubah total menjadi lebih sporty dan modern.

Selain disuguhi varian mesin 1.2L, Ayla juga masih mempertahankan tipe mesin 1.000 cc yang lebih terjangkau.

Berbeda dengan saudara kembarnya, Toyota yang juga meluncurkan versi terbaru Agya kini hanya menawarkan satu pilihan mesin saja, yakni 1.200 cc. Lantas, apa alasan Daihatsu masih mempertahankan mesin dengan kubikasi 1.000 cc?

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Senin, 13 Maret 2023 :

1. Motor Ringkas Harley-Davidson X350 Resmi Meluncur, Harga Rp 70 Jutaan

Pada sektor pengereman, menggunakan cakram ganda di bagian depan dan cakram tunggal di belakang. Sistem ABS atau anti-lock braking system sudah jadi standar.

Motor ringkas ini punya curb weight 195 Kg. Tapi kemampuan angkutnya besar, masih kuat sampai total 350 Kg.

Motor X350 ini bisa dibilang kehilangan suara khas dari mesin V-twin Harley-Davidson. Tapi, dengan strategi ini Harley mau mengganggu merek lain yang mendominasi di segmen 350cc dan 500cc.

2. Alasan Daihatsu Pertahankan Mesin Ayla 1.000 cc

Marketing Director dan Corporate Planning and Communication Director PT Astra Daihatsu Motor Sri Agung Handayani menjelaskan, konsumen Ayla sebagian besar datang dari kalangan first buyer. Segmen di mana menginginkan mobil dengan harga murah, namun tetap memiliki performa yang baik.

“Market kita 75 persen datangnya dari first buyer, jadi harus memberikan kemudahan itu. Dengan performa yang seperti tadi (1.000 cc) kita harus punya target yang menyerap dari first buyer,” ucap Agung, saat ditemui di Jakarta Convention Center, Jumat (10/3/2023).

 

3. Mitsubishi Optimistis SUV Anyar Pesaing HR-V dan Creta Laris di Sumatera

Mitsubishi akan memiliki model baru di segmen sport utility vehicle (SUV) ringkas yang kini masih berstatus purwarupa, yakni FXC Concept. Jagoan baru pesaing Honda HR-V dan Hyundai Creta ini bakal diproduksi massal dan resmi dijual umum pada pertengahan tahun ini.

SUV konsep yang resmi dipamerkan pertama kali di ajang IIMS pada Februari 2023 ini sedang menjalani roadshow di 6 kota, salah satunya di Medan, Sumatera Utara.

Tommy Adianto, Head of Sales Region 3 Departement PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menjelaskan, meski sekarang masih berstatus konsep tapi diyakini SUV ringkas tersebut akan diterima dengan baik oleh konsumen di Sumatera, khususnya Medan.

 

4. Wuling Air ev Terjebak Banjir, Apa yang Harus Dilakukan?

 

5. 28 Akses Gerbang Tol Jakarta yang Kena Ganjil Genap, dari Senayan sampai Cempaka Putih

Aturan ganjil genap (gage) di 25 ruas jalan DKI Jakarta yang mulai berlaku pagi ini, Senin (13/3/2023), juga diikuti penerapan peraturan serupa, yaitu di 28 akses menuju gerbang tol (GT) ke sejumlah ruas tol dalam dan luar Jabodetabek.

Jadwal pemberlakuan ganjil genap di akses gerbang tol tersebut juga sama, yakni Senin hingga Jumat mulai pukul 06.00-10.00 WIB dan kembali berlaku pukul 16.00-21.00 WIB.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/14/060200015/-populer-otomotif-motor-ringkas-harley-davidson-x350-resmi-meluncur-harga

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke