Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menjaga Bodi Mobil Bekas supaya Tetap Kinclong

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil bekas dengan usia tertentu dapat menjadi alternatif yang menarik karena harga yang lebih terjangkau. Namun bagi pengendara pertama, melakukan perawatan kendaraan tersebut membutuhkan perhatian ekstra.

Salah satunya, ialah pada bagian eksterior yang kerap tidak seoptimal mobil baru di pasaran. Sehingga pemilik perlu melakukan penyempurnaan pengecatan lagi serta perawatan.

Tapi sebenarnya, merawat cat mobil bekas yang memang sudah cukup berumur relatif tidak terlalu merepotkan. Hanya, sebagaimana dikatakan Dedi Irawan, Owner dari Star Protection, pemilik harus melakukannya secara konsisten.

Pertama, ialah membersihkan mobil secara teratur. Dengan langkah ini, debu dan kotoran yang menempel pada permukaan mobil tidak bertahan lama bahkan sampai mengering dengan sendirinya karena bisa membuat jamur.

"Hindari mencuci mobil di bawah sinar matahari langsung karena air sabun yang kering dapat merusak cat mobil," katanya dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Minggu (5/3/2023).

“Lalu hindari membawa benda tajam di dalam mobil, dan pastikan agar mobil tidak terkena benda-benda yang dapat menyebabkan goresan,” ujar Dedi lagi.

Menggunakan wax juga dapat membantu melindungi cat mobil dari kerusakan karena sinar matahari dan zat kimia. Sehingga bisa menciptakan lapisan pelindung pada permukaan mobil yang pada akhirnya dapat membantu menjaga keawetan cat mobil.

Jika terdapat kerusakan pada cat mobil, lakukan perbaikan segera untuk mencegah kerusakan yang lebih parah. Jangan biarkan kerusakan cat mobil terlalu lama tanpa diperbaiki karena hal tersebut dapat membuat cat mobil semakin rusak dan sulit diperbaiki.

Soal parkir juga perlu diperhatikan, khususnya di ruang terbuka. Dedi menyatakan bila sebaiknya pemilik menghindari parkir di bawah pohon karena eksterior berpotensi terkena getah atau hal lainnya.

"Kalau sedang musim hujan, sebisamungkin hindari parkir di luar karena sifat dari air hujan itu bisa merusak cat mobil. Dengan melakukan perawatan itu, maka keawetan dari cat mobil akan selalu terjaga," ujar Dedi.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/06/102200315/menjaga-bodi-mobil-bekas-supaya-tetap-kinclong

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke