Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Motor Listrik Gesits Bakal Pakai Baterai Lokal Buatan IBC

JAKARTA, KOMPAS.com - Gesits berkomitmen terus meningkatkan lokal konten yang ada. Ke depan, pabrikan motor listrik asli Indonesia itu berencana untuk menggunakan baterai produksi Indonesia Battery Corporation (IBC).

Saat ini baterai IBC masih dikembangkan, namun Gesits memastikan saat waktunya tiba maka Gesits akan mulai memakai baterai perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut di Gesits G1 dan Gesits Raya.

Direktur Utama PT WIKA Industri Manufaktur (WIMA) selaku manufaktur Gesits, Bernardi Djumiril, mengatakan, pemakaian baterai dalam negeri meerupakan salah satu peta jalan bisnis perusahaan.

"Kalau untuk baterai saat ini kita memang salah satu peta jalan kita untuk menaikkan lokalisasi. Jadi yang dipakai saat ini masih impor, saat ini R&D masih terus berjalan dan ini mudah-mudahan kita sudah bisa menggunakan baterai karya anak bangsa dari IBC," kata dia yang ditemui di IIMS 2023.

"Saat ini kita masih pakai baterai yang ada. Di mana untuk R&D masih berjalan, kita harapkan akhir tahun ini kita ada kejutan-kejutan lain," kata dia.

Untuk diketahui, pada akhir 2022, IBC sudah mengambil alih sebagian kepemilikan saham PT Wijaya Karya Industri dan Konstruksi (WIKON) di PT Wika Industri Manufaktur (WIMA) selaku produsen Gesits.

Kepemilikan saham IBC di WIMA disebut merupakan sinergi yang baik bagi BUMN untuk membangun mata rantai ekosistem motor listrik ke depan.

Saat ini Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) Gesits mencapai 47 persen atau tepatnya 46,72 persen. Angka itu ditakar bakal melejit saat memakai baterai IBC.

Saat ini Gesits G1 menduduki peringkat ketiga sebagai motor listrik dengan TKDN paling tinggi. Nomor satu ialah Selis E-Max dengan TKDN mencapai 53,69 persen, dan kedua yaitu Volta 401 dengan nilai 47,36 persen.

Kabar yang beredar, tingkat kandungan lokal cukup penting karena berkaitan dengan rencana pemerintah memberikan subsidi motor listrik.

Subsidi hanya diberikan kepada merek motor listrik yang sudah merakit produknya di dalam negeri. Meski begitu belum dijelaskan berapa TKDN minimum buat motor listrik yang bakal mendapatkan subsidi.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/01/140100215/motor-listrik-gesits-bakal-pakai-baterai-lokal-buatan-ibc-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke