Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sales Mobil Sebut Gaji Rp 5 Juta Jangan Beli Mobil, Mending Beli Honda Beat

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki mobil baru merupakan impian buat sebagian besar masyarakat. Karena itu banyak yang memaksakan ingin memiliki mobil dengan cara kredit padahal keuangan belum memungkinkan.

Hal itu jadi perhatian dari para sales mobil. Salah satunya seperti video yang diunggah akun TikTok salesrodaempat, yang menyebut jangan mengambil kredit mobil Honda Brio dengan uang muka atau DP Rp 15 juta kalau gaji masih Rp 5 juta ke bawah.

"Gua mau minta maaf dulu nih sebelumnya ya. Jadi buat temen-teman yang gajinya masih 3, 4, atau 5000000, terus mau ambil dp brio dengan dp 15 jutaan, minta tolong, tolong kesadaran dirinya. Nanti kalau dipaksain lu pasti babak belur bener," kata video tersebut dilansir Selasa (28/2/2023).

Perencanaan Keuangan dari OneShildt Financial Planning, Budi Raharjo, mengatakan, membeli mobil memang perlu perencanaan keuangan yang tepat.

Sebab membeli mobil akan menambah pengeluaran. Apalagi jika memutuskan membeli mobil dengan cara menyicil, maka konsumen harus mengeluarkan uang rutin tiap bulan. Belum lagi biaya pemakaian dan pemeliharaan.

Budi mengatakan, nilai cicilan total per bulan seseorang sebaiknya tidak melebihi 35 persen dari pemasukan. Jika cicilan mobil Rp 4 jutaan maka pemasukan per bulan idealnya Rp 12 jutaan.

"Untuk cicilan kendaraan idealnya jika digunakan untuk pribadi (bukan untuk keperluan usaha), maka maksimal cicilan adalah 36 kali atau sekitar 3 tahun," kata Budi kepada Kompas.com, belum lama ini.

Namun kata Budi, nilai cicilan ini bisa diperingan dengan mempersiapkan uang muka (DP) yang lebih besar atau mencari pinjaman dengan bunga yang lebih kompetitif.

"Misalnya mencari pinjaman dari kantor tempat bekerja jika perusahaan menyediakan program kepemilikan kendaraan bagi karyawan, atau bank yang sudah ada kerjasama dengan perusahaan tempat bekerja," kata dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/02/28/132911415/sales-mobil-sebut-gaji-rp-5-juta-jangan-beli-mobil-mending-beli-honda-beat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke