Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mobil Paspampres Mercedes-Benz GLS 450 Kawal Presiden di Gatot Subroto

Terlihat rombongan presiden dikawal cukup ketat. Mulai dari rombongan motor Polisi Militer untuk buka jalan. Kemudian dua motor pengawal presiden yang berboncengan di kiri dan kanan belakang mobil.

Namun, pemandangan yang menarik buat penggemar otomotif ialah tiga mobil baru paspampres yang dipakai untuk mengawal Presiden Jokowi yaitu Mercedes-Benz GLS 450 Armored.

Berbeda dengan versi standar, mobil SUV ini diperkuat dengan beberapa peranti untuk menjamin keamanan presiden. Mobil pun dimodifikasi oleh karoseri Delimajaya, asal Bogor.

Managing Director Karoseri Delimajaya Group, Winston Wiyanta mengatakan, pihaknya mendapat pesanan dari pemerintah untuk melakukan modifikasi VVIP Tactical Vehicle yang ditujukan untuk pengamanan.

"Itu pesanan Paspampres, kita kerjakan dengan Mercy, mereka suplai unitnya kita lakukan modifikasi dengan end user-nya Paspampres, yang order langsung Setneg (Kementerian Sekretariat Negara)," kata Winston kepada Kompas.com, akhir Januari 2023.

Di bagian depan ditambahkan bumper model besi atau bull bar. Bagian belakang juga ditambahkan rear bumper. Kemudian bagian atap kini tersemat lightbar sekaligus dengan sirine sebagai penanda mobil pengawalan khusus.

Kemudian kursi baris belakang diubah agar mendukung kerja paspampres. Terakhir ialah foot step belakang dibuat lebih lebar untuk memudahkan akses keluar masuk.

"Kebetulan ada permintan buat pakai bullbar depan kemudian bangku baris ketiga minta diubah dengan model yang saling berhadapan. Penambahan light bar. Juga foot step (belakang) dibuat lebih lebar," kata Winston.

Bicara GLS450 merupakan salah satu varian tertingi GLS. Untuk diketahui, Mercedes-Benz Indonesia memasukkan dua varian GLS, yaitu GLS450 4MATIC AMG Line dan New Mercedes-Maybach GLS 600 4MATIC+.

Adapun GLS 450 versi standar tersedia di diler resmi Mercedes-Benz Indonesia dengan harga retail yang direkomendasikan Rp 2.325.000.000 off the road.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/02/22/110602115/mobil-paspampres-mercedes-benz-gls-450-kawal-presiden-di-gatot-subroto

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke