Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

XFC Konsep Jadi Senjata Mitsubishi Masuk Segmen SUV Ringkas

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) resmi memamerkan XFC Concept di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023. Purwarupa itu setelah diproduksi massal akan menjadi senjata MMKSI bermain di kelas sport utility vehicle (SUV) ringkas atau segmen B.

Segmen tersebut dalam beberapa tahun terakhir pertumbuhannya cukup signifikan, di mana banyak produsen yang bermain di kelas itu seperti Honda HR-V, Hyundai Creta, hingga Kia Seltos.

Persaingannya pun begitu ketat, terutama antara HR-V dan Creta yang selalu bersaing di pasar. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) sampai akhir 2022, HR-V terjual 25.228 unit sedangkan Creta 15.930 unit. Melalui XFC konsep ini tentunya Mitsubishi akan menggangu dominasi kedua rival tersebut.

Naoya Nakamura, Presiden Direktur PT MMKSI menjelaskan XFC Concept ini akan dipasarkan di Indonesia mulai tahun fiskal 2023. Bahkan kata pria asal Jepang itu, pengembangannya disesuaikan dengan kondisi dan karakter konsumen di Indonesia.

“Mitsubishi XFC Concept merupakan konsep untuk mobil compact SUV yang menggabungkan keahlian dan lebih dari seratus tahun pengalaman Mitsubishi Motors dalam pengembangan kendaraan secara global,” ujar Nakamura di booth Mitsubishi IIMS 2023 belum lama ini.

Dalam kesempatan yang sama, Hikaru Mii, Director of Product Strategy Division MMKSI menjelaskan, bahwa pengembangan seperti desain, fitur, performa, hingga pengujian banyak dilakukan di Indonesia seperti dulu mengembangkan Xpander.

"Kami mendengar masukan dari potensial konsumen Indonesia. Kami juga mengujinya di jalanan Indonesia, tentunya dengan seperti itu akan sesuai dengan keinginan masyarakat," tutur Hiraku.

Bahkan dalam waktu dekat ini MMISI akan memamerkan mobil konsepnya ini ke beberapa kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Palembang, dan Pekanbaru.

"Sekarang sudah masuk tahap pengembangan akhir. Tapi dalam proses akhir ini harus dilakukan di Indonesia agar sesuai dengan kondisi jalan di Indonesia," kata dia.

Desain dan fitur

SUV ringkas Mitsubishi ini merupakan generasi selanjutnya yang menawarkan desain “Silky and Solid”. Interior kabin “Compact & Spacious” nyaman, mempertegas posisi atas di kelasnya, serta tekonologi dan performa “Smart & Quality Comfort” canggih.

Guntur Harling, General Manager Product Strategy Division PT MMKSI, menuturkan, SUV kompak ini punya desain tangguh yang disertai fitur selayaknya SUV. Tentunya dalam hal ini XFC bakal dilengkapi 4 mode berkendara, yakni normal, wet, gravel, dan mud.

"Ground clearance tinggi punya empat mode berkendara normal, wet, gravel, dan mud. Mode ini memberikan performa berkendara yang menyenangkan, aman di berbagai cuaca. Wet mode akan diperkenalkan pertama oleh Mitsubishi motors, dirancang mempertimbangkan wilayah di ASEAN umumnya," tutur Guntur.

Selanjutnya mode Wet yang pertama kali diperkenalkan pada kendaraan Mitsubishi, dirancang dengan mempertimbangkan penggunaan di negara-negara ASEAN, seperti memungkinkan pengendaraan aman bahkan di jalan tergenang air.

"Dengan ada wet mode bisa memberikan kenyamanan dan safety feeling yang lebih buat kendaraan ini. Kemudian juga Mitsubsihi motors memberikan desain yang inovatif dari sebuah produk kita harapkan XFC concept jadi game changer di kelas SUV kompak di segmen ini," ujar dia.

Selain itu, Guntur membocorkan XFC Concept versi produksi massal akan menggunakan layar informasi digital berukuran 13 inci.

Teknologi canggih yang dibenamkan pada head unit berukuran besar untuk mengintegrasikan tampilan digital penuh dan tampilan tengah yang dapat menunjukkan navigasi, kondisi permukaan jalan, dan informasi lain yang diperlukan oleh pengemudi.

"Kalau ukurannya kami berharap lebih besar dari segmen B, tetapi lebih ringkas lagi," tutur Guntur.

Tentunya dengan modal yang ditawarkan bisa menjadi modal SUV ringkas Mitsubishi ini bersaing dengan para rival di kelasnya. 

Menurut sumber KOMPAS.com, versi produksi dari XFC konsep ini akan diperkenalkan di pameran otomotif tahunan yang berlangsung Agustus 2023 atau tepatnya di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) di ICE, BSD, Tangerang.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/02/22/091200515/xfc-konsep-jadi-senjata-mitsubishi-masuk-segmen-suv-ringkas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke