Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Spesifikasi Motor Listrik United dan Hyundai, Dijual Rp 120 Juta

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu yang menarik di pameran IIMS 2023 adalah kehadiran motor listrik gambot United E3. Menjadi lebih istimewa karena motor ini merupakan produk kolaborasi dengan Hyundai Kefico, anak perusahaan Hyundai yang memproduksi penggerak motor listrik.

Tampilan United E3 tampak mencolok dibandingkan motor listrik lainnya. Sebab dimensi motor ini lebih besar dan terlihat elegan. Sekilas terlihat setara juga dengan skutik 250 cc, Honda Forza dan Yamaha XMAX.

Awan Setiawan, Division Head United E-Motor, mengatakan, konsumen saat ini sudah bisa melakukan pre order motor listrik United E3 yang dibanderol Rp 120 juta on the road. Rencananya, pengiriman bakal dilakukan mulai tahun ini.

Kabarnya lagi, bakal tersedia pilihan varian dengan langganan baterai dengan estimasi harga jual lebih rendah, yaitu Rp 75 juta.

“Ini kolaborasi United, E3 Mobility perusahaan desain Korea, sama Hyundai Group (Hyundai Kefico). Hyundai Kefico itu powertrain-nya, desainnya dari E3 Mobility, pabrikannya kita. Kita assembling saja,” ujar Awan di JIExpo, Kemayoran, Jakarta (17/2/2023).

Melihat tampilannya, motor listrik besar ini mengusung beberapa emblem nama. Selain ada E3, juga tersemat nama Deux 7.

Kalau diperhatikan, dimensinya memang tampak gambot serta memiliki garis desain yang futuristik namun unik layaknya mobil Hyundai kekinian. Sekilas desain fascia mirip dengan MPV Hyundai Stargazer atau Staria.

Seperti halnya Yamaha XMAX dan Honda Forza, United E3 memiliki bodi bongsor yang dilengkapi dengan spesifikasi maupun fitur yang mendukung.

Lampunya juga sudah full LED, punya windshield dan jok berukuran besar yang dirancang nyaman buat dipakai berpergian.

Melihat spesifikasi teknisnya, motor listrik ini mengusung penggerak mid drive dengan pendingin cairan dari Hyundai Kefico yang punya daya sebesar 6,8 kW atau setara 9,1 Tk.

Tenaganya disalurkan ke roda belakang dengan pakai rantai. Selain itu, terdapat fitur Regeneratif yang mampu mengisi ulang baterai secara otomatis saat motor melaju di turunan.

Perihal baterai, E3 atau Deux 7 ini mengusung baterai pakai tipe swap dari LG Energy, dengan spek lithium 48V 2EA yang bawaannya sudah terpasang sebanyak 2 unit.

Adapun fitur-fiturnya mulai dari keyless system, parking brake, 2 USB port, 3 riding mode dan reverse serta panel instrumen digital TFT dengan koneksi smartphone.

Motor listrik ini juga punya pilihan riding mode, menariknya tersedia mode Eco yang punya jarak tempuh paling jauh, dan diklaim tembus hingga 110 Km dalam kondisi 2 baterai terisi penuh.

Sementara mode Smart kabarnya tembus 100 Km. Lalu, mode Sport hanya sampai 80 Km, tapi kecepatan maksimal sampai 110 Kpj.

Beranjak ke bagian kaki-kaki, motor listrik ini mendapat suspensi depan teleskopik yang dipadu suspensi belakang ganda dengan setelan preload.

Untuk pengereman pakai rem cakram dengan kaliper rem 2 piston di kedua roda, dengan roda depan ukuran 110/70-14 dan belakang 130/70-13.

Bicara soal kepraktisan, E3 atau Deux 7 ini punya tempat penyimpanan ada laci dengan cover di dek depan dan bagasi jok yang muat menyimpan helm.

Dengan ukuran yang cukup besar, motor ini memiliki tinggi jok 765 mm dan bobotnya mencapai 270 Kg.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/02/21/090200215/spesifikasi-motor-listrik-united-dan-hyundai-dijual-rp-120-juta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke