Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perhatikan Komponen Ini Saat Mobil Sering Melintasi di Jalan Rusak

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah ruas jalan yang rusak sering menyebabkan terjadinya kecelakaan. Selain itu, kondisi tersebut juga dapat mengakibatkan kerusakan berat pada komponen kendaraan. 

Lantaran melintasi jalan yang rusak, komponen tertentu bekerja melebihi batas kemampuan. Alhasil, usia pakainya lebih singkat dari jadwal pergantian berkala. Lantas komponen mobil apa saja yang perlu diperhatikan? 

Product Development Manager Otobox Supermarket Ban Indonesia Aan Nugroho menjelaskan, bagian alur ban bisa habis tidak rata karena faktor penggunaan. 

"Habisnya sebelah kanan atau kiri kadang-kadang. Di jalan yang rusak ban bisa terkena besi cor yang menganga, atau tertancap benda-benda asing. Bisa sobek bahkan langsung pecah di tempat," kata Aan. 

Untuk itu, khusus mobil yang sering digunakan perjalanan jarak jauh, Aan mengingatkan, pemilik perlu memperhatikan kondisi ban berkala. 

"Kan kita sendiri yang rugi kalau ban kenapa-kenapa di jalan. Cek tekanan udara, ketebalan, dan tanda-tanda kerusakan," ujar Aan. 

Pada kondisi jalan yang rusak, kedua komponen tersebut menjadi tumpuan beban. Tak heran, setelan spooring dan balancing sering roda berubah. 

Maka dari itu, bengkel resmi menyarankan perawatan kaki-kaki dan roda dilakukan 10.000-20.000 kilometer. 

Seperti disampaikan, Kepala Bengkel Nasmoco Kaligawe Semarang Mohammad Syafruddin. 

"Toe in dan toe out spooring bisa mudah berubah, faktornya kondisi jalan, atau ada komponen yang rusak. Gampang kan bisa kelihatan, stir lari sendiri, oleng dan kecepatan tinggi getar," tuturnya. 

Pada dasarnya, rem memiliki bagian-bagian tertentu, dari kampas, disc brake, dan selang-selang yang kedap udara. 

Kerusakan yang terjadi cukup beragam, bengkel resmi kebanyakan mengkategorikan menjadi kasus ringan, sedang, hingga berat. 

Kepala Bengkel Honda Kusuma Siliwangi Semarang Teguh Dwi Harianto mengatakan, disc brake dan permukaan kampas rawan berkarat diluar kondisi pemakaian wajar. 

Kasus yang terjadi, mobil-mobil operasional yang sering melintasi jalan tergenang banjir, disarankan untuk perawatan komponen tertentu lebih cepat dari jadwal. 

"Rem yang berkarat membuat mobil tidak nyaman. Bila dibiarkan parah dampaknya, kalau sampai macet enggak bisa jalan. Rem terkunci dan merepotkan sendiri," kata dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/02/10/181200415/perhatikan-komponen-ini-saat-mobil-sering-melintasi-di-jalan-rusak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke