Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] Operasi Keselamatan 2023 Dimulai Hari Ini, Melanggar Langsung Ditilang | Inden Panjang, Toyota Innova Zenix Hybrid Sudah Jadi Mobil Travel

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna meningkatkan budaya tertib berlalu lintas, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menggelar Operasi Keselamatan 2023 mulai hari ini, Selasa (7/2/2023).

Operasi Keselamatan 2023 ini rencananya berlangsung selama dua pekan hingga 20 Februari 2023. Penindakan dari operasi tersebut mengedepankan aspek preventif, edukatif, dan persuasif.

“Operasi Keselamatan 2023 akan dilaksanakan pada tanggal 7 sampai 20 Februari 2023, dengan mengedepankan tindakan preventif, edukatif, dan persuasif,” ucap Kasubbag Renops Bagops Korlantas Polri AKBP Bargani, dikutip dari Korlantas Polri, Senin (6/2/2023).

Selain itu, meski baru meluncur tiga bulan lalu, Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid ternyata sudah dibuat menjadi mobil travel. Kijang generasi ketujuh ini dipakai oleh perusahaan Permata Tour & Travel (PUSKOPAU). 

Oleh Permata Tour & Travel yang berlokasi di Riau tersebut, Zenix Hybrid dipakai untuk antar-jemput penumpang dengan tujuan Dumai-Pekanbaru.

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Selasa, 7 Februari 2023 :

1. Operasi Keselamatan 2023 Dimulai Hari Ini, Melanggar Langsung Ditilang

Dalam penindakan tilang pada kegiatan tersebut, pihaknya akan tetap mengedepankan tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE), baik menggunakan ETLE yang statis maupun mobile.

Diharapkan operasi ini bisa berjalan maksimal sebagaimana tujuannya yaitu untuk menurunkan angka pelanggaran lalu lintas, angka kecelakaan lalu lintas, dan jumlah fatalitas korban laka, serta meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

2. Inden Panjang, Toyota Innova Zenix Hybrid Sudah Jadi Mobil Travel

Okta, salah satu pegawai Permata Tour & Travel mengatakan, saat ini perusahaannya punya satu unit Zenix Hybrid untuk melayani konsumen. Namun, dia tidak bisa mengonfirmasi Zenix Hybrid tipe apa yang dipakai.

"Kita tujuan Dumai-Pekanbaru, kita melayani bandara dan juga antar alamat. Saat ini unitnya cuma satu Innova Hybrid," kata Okta kepada Kompas.com, Selasa (7/2/2023).

3. Aturan Pembatasan Pembelian Pertalite Segera Diberlakukan

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati menyatakan, bahwa pihaknya siap untuk mengimplementasikan pembatasan pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi jenis Pertalite di Indonesia.

Sebab, data-data yang dibutuhkan seperti database masyarakat atau konsumen untuk bisa membeli BBM berharga Rp 10.000 per liter itu sudah tersedia.

"Agreement-nya sudah ditanda tangani, teknis sudah berjalan. Datanya juga, sudah bisa ditarik," katanya dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VII DPR RI yang disiarkan secara daring, Selasa (7/2/2023).

4. Proyek Baterai Mobil Listrik LG di Indonesia Terancam Mandek

Proyek penghiliran bijih nikel sampai pengembangan baterai mobil listrik oleh LG Energy Solution (LG) bersama holding BUMN Indonesia Battery Corporation (IBC) terancam mandek. Kondisi tersebut dikarenakan pihak LG melihat ada suatu aspek yang kurang pada proyek dimaksud.

Sehingga perseroan menginginkan adanya negosiasi lanjutan kembali, tetapi diserahkan ke rekanan konsorsiumnya yaitu Huayou Holding.

Demikian penjelasan Direktur Utama MIND ID Hendi Prio Santoso dalam presentasinya dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VII DPR RI yang disiarkan secara daring, Senin (6/2/2023).

5. Pikap Kabin Ganda Toyota Hilux Jadi Motorhome ala Jepang

Modifikasi dengan konsep motorhome biasanya diusung menggunakan basis multi purpose vehicle (MPV). Namun, berbeda dengan motorhome yang satu ini, menggunakan basis pikap kabin ganda.

Dikutip dari Carscoops.com, Senin (6/2/2023), motorhome tersebut dibangun oleh Direct Cars dari Jepang dan diberi nama BR75 SUV Adventure Camper.

Bagian bak diganti dengan kabin yang memiliki struktur overhang yang panjang. Bagian atasnya cukup tinggi, tapi dibuat aerodinamis, sehingga dapat memecah angin lebih baik.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/02/08/060200015/-populer-otomotif-operasi-keselamatan-2023-dimulai-hari-ini-melanggar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke