Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Motor Listrik Kawasaki Masih Jauh dari Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com – Pasar motor listrik tahun 2023 tampaknya bakal semakin ramai dengan kehadiran model baru. Apalagi pemerintah juga tengah menyiapkan insentif pembelian kendaraan listrik.

Meski begitu, Kawasaki belum akan meluncurkan motor listriknya dalam waktu dekat. Padahal produk terbarunya telah dikenalkan secara global pada tahun lalu.

Jin Inoue, Presiden Direktur PT Kawasaki Motor Indonesia, mengatakan, pihaknya bakal meluncurkan motor listrik di Indonesia. Namun demikian, produk tersebut tidak akan meluncur pada tahun ini.

"Tentu di masa mendatang kami akan memperkenalkannya. Saat EICMA 2022 pada November lalu di Italia, Kawasaki telah memperkenalkan dua tipe kendaraan listrik,” ujar Inoue di sela-sela acara Kawasaki Bike Week 2023 (4/2/2023).

“Di beberapa negara model ini juga akan diperkenalkan tahun ini. Tapi di Indonesia masih nanti, di masa mendatang,” kata dia.

Ketika ditanya apakah motor listrik Kawasaki bakal diproduksi secara lokal, Inoue mengatakan, dirinya belum bisa memastikan hal tersebut.

"Tergantung situasi. Kalau volume penjualan di Indonesia besar, itu (produksi lokal) memungkinkan saja, tapi tidak dalam waktu dekat," ucapnya.

Sebagai informasi, untuk pertama kalinya Kawasaki mengungkap prototipe deretan motor listriknya di pameran EICMA 2022.

Keempat motor itu adalah motor naked Z BEV, motor sport Ninja BEV, motor HEV, dan motor bertenaga hidrogen.

Ninja EV dan Z EV ini kabarnya akan mulai dijual pada 2023, khususnya untuk pasar Eropa. Makanya motor listrik ini dipajang di EICMA 2022.

Selain Z EV dan Ninja EV, Kawasaki juga memamerkan motor hybridnya, HEV. HEV menggabungkan mesin pembakaran internal dan daya baterai hibrida yang merupakan bagian dari rangkaian produk 2024.

Turut ditampilkan sepeda motor bertenaga hidrogen pertama Kawasaki dalam bentuk prototipe, yang mengambil bentuk Kawasaki Ninja H2.

Mengusung mesin supercharged dari H2, prototipe hidrogen menggunakan injeksi langsung dan gas hidrogen terkompresi sebagai bahan bakar.

Motor-motor ini diharapkan bisa menghasilkan efisiensi bahan bakar yang irit, namun diikuti dengan performa berkendara yang baik.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/02/07/142100315/motor-listrik-kawasaki-masih-jauh-dari-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke