Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Modifikasi Murah Honda PCX, Bisa Tingkatkan Akselerasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika melakukan modifikasi pada motor Honda PCX, umumnya akan dilakukan variasi berupa penggantian atau peningkatan performa pada komponen-komponen tertentu.

Variasi yang dimaksudkan bisa berupa bore up, perubahan diameter velg, penggantian jenis air filter, atau kustomisasi CVT.

Jika ditotal, biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan beragam variasi cukup mahal, bahkan bisa menyentuh angka belasan juta rupiah.

Namun, konsumen yang memiliki budget terbatas tidak perlu khawatir. Ada satu jenis modifikasi Honda PCX yang murah meriah tapi tetap terasa manfaat dan peningkatan performa

Modifikasi yang dimaksud adalah kustomisasi di bagian CVT. Secara spesifik, kustomisasi pada komponen roller CVT.

"Modif paling standar buat CVT di PCX itu ganti roller. Biayanya murah tapi terasa peningkatannya," ujar Sumantri Tawijaya selaku pemilik dari bengkel modifikasi Jaya Motors kepada Kompas.com, Minggu (29/1/2023).

Fungsi dari roller CVT adalah menciptakan tekanan pada pulley. Tekanan tersebut akan mempengaruhi diameter dari pulley dan memicu akselerasi motor.

"Kalau ganti roller, apalagi yang jenisnya memang racing, pasti tarikan akselerasi awal akan lebih terasa. Bisa lebih cepat dan bertenaga," ucap pria yang akrab dengan sapaan Koh Jaya itu.

Harga dari komponen roller juga terbilang murah. Untuk motor Honda PCX, satu set komponen roller CVT aftermarket berkisar antara Rp 80.000 sampai Rp 160.000.

Koh Jaya menyarankan konsumen yang berminat melakukan modifikasi CVT untuk berdiskusi terlebih dahulu dengan mekanik.

Tujuannya agar modifikasi bisa disesuaikan dengan preferensi dan keinginan pengguna.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/01/30/082200415/modifikasi-murah-honda-pcx-bisa-tingkatkan-akselerasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke