Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mobil Listrik Citroen eC3 Meluncur, Jarak Tempuh 320 Km

JAKARTA, KOMPAS.com - Citroen termasuk pabrikan yang berkomitmen untuk memproduksi mobil listrik. Belum lama ini, pabrikan asal Prancis tersebut memperkenalkan eC3.

Dikutip dari Carscoops.com, Kamis (19/1/2023), Citroen resmi memperkenalkannya di India. Secara tampilan, desain eksteriornya bisa dikatakan sangat mirip dengan versi mesin konvensionalnya, yakni C3. Seolah-olah, eC3 seperti hasil konversi mobil listrik.

Perbedaannya hanya pada bagian belakang saja, terlihat eC3 tidak memiliki knalpot. Sedangkan pada bagian gril, di mana mobil listrik pada umumnya tidak membutuhkannya, eC3 tetap memiliki grille yang sama seperti C3.

Perbedaan lainnya adalah charging port yang terletak di fender depan. Lalu, terdapat juga emblem 'e' yang disematkan pada bagian pintu. Bagian interiornya juga sangat mirip. Bagian yang berbeda hanyalah tuas transmisinya.

Teknologi Advanced Driver Assistance System (ADAS) diyakini absen pada mobil ini. Sebab, perangkat keselamatannya hanya didukung oleh dual airbag.

Bagian dapur pacunya dibekali dengan motor elektrik yang disematkan pada roda depan. Motor elektriknya dapat menghasilkan tenaga hingga 57 tk dan torsi 143 Nm.

Untuk kemampuan akselerasi, Citroen mengklaim eC3 dapat menempuh 0-60 Kilometer per jam dalam 6,8 detik. Sedangkan top speed, bisa tembus hingga 107 Kilometer per jam.

Baterai yang digunakan memiliki kapasitas 29,2 kWh. Dengan spesifikasi tersebut, eC3 dapat melaju hingga 320 kilometer. Sistem pengecasannya didukung juga dengan DC untuk fast charging. Pengisian daya dari 10 persen hingga 80 persen hanya membutuhkan 57 menit.

Basis produksinya sama seperti C3, dilakukan juga di India. Tak menutup kemungkinan Citroen Indonesia juga memasarkan mobil listrik ini di masa depan. Sebab, C3 juga jadi salah satu jajaran model yang dipasarkan di Tanah Air, selain e-C4 dan C5 Aircross.

Sayangnya, belum diumumkan berapa banderol untuk mobil listrik tersebut.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/01/20/092200715/mobil-listrik-citroen-ec3-meluncur-jarak-tempuh-320-km

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke