Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

2 Harley Davidson Garapan Indonesia Tampil di Motor Bike Expo Italia

JAKARTA, KOMPAS.com - Surui Motor Garage di bawah PT Surui Arshaka Group berencana mengikuti Motor Bike Expo di Verona, Italia pada 27-29 Januari 2023 sebagai perwakilan Indonesia.

Untuk menampilkan hasil modifikasi terbaik, Surui menggandeng modifikator motor di Indonesia, di antaranya Garasi 19, Kawahara Racing, dan Free Flow.

Ada dua motor yang dibawa, satu memakai basis harley Davidson Dyna tahun 2008 dan Road Glide tahun 2015.

Modifikasi yang paling mentereng dibawa oleh Surui bisa dilihat pada Road Glide yang diubah dengan gaya Bagger Performance dengan sentuhan cantik budaya Indonesia.

Ubahan tersebut dilakukan oleh Garasi 19 dan pengecatan bodi oleh Free Flow. Uniknya, banyak ornamen buatan lokal hasil pengembangan Kawahara yang juga dipasang pada motor gede (Moge) ini.

Joey Stephan, Founder Surui Motor Garage menamai Road Glide lansiran 2015 tersebut dengan nama Ujwala, mengambil dari bahasa Sanskerta dengan arti terang dan menjulang ke angkasa.

"Kami berharap ini bisa menarik perhatian para pencinta modifikasi di luar," ucap Joey saat press conference di jakarta, Sabtu (7/1/2023).

Soal modifikasi yang dilakukan, Garasi 19 diberi waktu hanya satu bulan. Padahal ubahan yang dilakukan terbilang banyak, apalagi dari sisi bodinya yang dibalut dengan corak batik.

"Kita hanya dikasih waktu satu bulan, 30 hari untuk membangun motor ini. Kita kolaborasi berempat (Garasi 19, Free Flow, Kawahara, dan Surui). Motor ini temanya Bagger Performance yang di luar memang sedang hype," ucap Andre C Tenardi, Founder Garasi 19.

Sedangkan untuk cat yang digarap oleh Free Flow, mencampur tiga corak batik Indonesia. Pada bagian atas memakai corak Toraja, lalu Bali, dan di bawah Jawa.

"Motor ini untuk represent Indonesia, otomatis apa yang belum ada di Eropa, ciri khas Indonesia banget. Konsep desain dan pemilihan motifnya lumayan juga saya mikirnya sampai bertapa," ucap Fahmi, Founder Free Flow.

Sedangkan Kawahara, menempelkan berbagai komponen aksesori yang manis dengan nama Surui. Ornamen yang dibuat oleh Kawahara seperti knalpor, derby cover, raiser, triple clamp, air juicer, swing arm, floor boards, dan masih banyak lagi.

"Part ini kita buat hanya dalam satu bulan. Selama satu bulan itu kita RnD, dari nol. Ini buat kita jadi tantangan, kita buat dari knalpot, swing arm, hampir semua, kita bikin dari nol," ucap Coq Siswanto, Founder Kawahara Racing.

Bukan cuma Road Glide, Harley Davidson Dyna juga kena sentuhan modifikasi dari Garasi 19. Berbagai komponen yang dibuat oleh Kawahara juga turut dipasang, dari knalpot, floor boards, triple clamp, dan riser.

Jadi bukan cuma membawa motor hasil modifikasi ke Motor Bike Expo 2023, Surui Motor Garage juga turut memperkenalkan produk aftermarket dari Indonesia yang juga punya kualitas yang bisa diadu dengan negara lain.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/01/08/072100415/2-harley-davidson-garapan-indonesia-tampil-di-motor-bike-expo-italia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke