Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Musim Hujan, Ingat Lagi Bahaya Pakai Jas Hujan Ponco

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengendarai sepeda motor di musim hujan masih ditemui orang yang mengandalkan jas hujan ponco. Padahal, model tersebut bisa sangat berbahaya bagi si pengendara.

Memang, jas hujan ponco kerap diandalkan karena mudah dipakai, tinggal memasukkan kepala saja. Selain itu, model jas hujan ini bisa dipakai sampai penumpang di belakang, jadi praktis.

Tapi sebaiknya, jas hujan ponco jangan lagi dugunakan ketika naik motor. Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia mengatakan, model ponco sangat mudah diterpa angin dan bisa membahayakan.

"Sebenarnya jas hujan model ponco hanya di desain khusus pejalan kaki. Ujung terluar yang panjang bisa tersangkut rantai atau gir yang menyebabkan pengendara jatuh. Belum risiko tersangkut truk, dan kendaraan barang, bisa sangat fatal," ucap Sony kepada Kompas.com, belum lama ini.

Jas hujan ponco memang lebar, jadi ketika terkena angin, bisa bergerak dan tersangkut. Selain itu, model ponco ini juga bisa menutupi lampu depan dan belakang, jadi membuat orang lain bingung.

"Pengendara belakang jadi kaget dan bisa berujung tabrak belakang. Ketika pengendara akan berbelok atau menyeberang jalan juga bisa jadi dalang penyebab kecelakaan," kata Sony.

Selain berbahaya, jas hujan model ponco ini juga tidak efektif menjaga badan pengendara dari air. Masih lebih baik model dua pasang, potongannya pas dengan badan sehingga air tidak tembus.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/12/30/131200115/musim-hujan-ingat-lagi-bahaya-pakai-jas-hujan-ponco

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke