Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Polisi Antisipasi Titik Rawan Kemacetan Lalu Lintas saat Nataru

JAKARTA, KOMPAS.com – Memasuki masa-masa libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru), kepolisian telah memetakan kondisi lalu lintas jalur mudik.

Kakorsabhara Baharkam Polri yang juga Wakaops 1 Operasi Lilin, Irjen Priyo Widyanto, mengatakan, ada tiga titik kerawanan lalu lintas yang harus diwaspadai saat libur mudik Nataru, yaitu kerawanan di pintu masuk dan exit tol, pasar tumpah, dan jalur wisata.

Priyo mengatakan, untuk kerawanan di jalur masuk dan keluar tol pihak Satlantas telah menyiapkan skenario pengaturan arus lalu lintas.

“Berkaitan dengan pintu masuk ini, jajaran lalu lintas sudah melaksanakan tactical floor games (TFG),” ujar Priyo, disitat dari NTMC Polri (25/12/2022).

“Untuk mendiskusikan bagaimana pengaturan lalu lintas, ketika padat, ketika pemberlakuan contraflow, ketika pemberlakuan one way,” kata dia.

Kemudian, titik kerawanan lalu lintas yang harus diwaspadai saat libur Nataru berikutnya ada di jalur arteri dan jalur Pantura. Pada lokasi ini menjadi langganan kepadatan arus lalu lintas karena ada pasar tumpah.

“Kami dapat laporan dari Kapolres bahwa semuanya, sudah dilakukan pengamanan. Dan kita lihat mungkin tidak semrawut pada saat Lebaran,” ucap Priyo.

Sementara itu, di jalur Pantura atau arteri juga terdapat titik rawan yakni pertemuan arus kendaraan di jalur wisata.

Untuk setiap lokasi wisata dan tempat-tempat keramaian untuk perayaan tahun baru, yang mengundang jumlah massa cukup banyak harus dilakukan risk assessment atau penilaian risiko.

“Kemudian di jalur-jalur juga ada lokasi-lokasi wisata yang sudah kami arahkan melalui video conference dan melalui telegram, untuk setiap tempat wisata dan tempat-tempat lain,” kata Priyo.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/12/26/074200715/polisi-antisipasi-titik-rawan-kemacetan-lalu-lintas-saat-nataru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke