Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pastikan Kondisi Mobil Sehat Sebelum Dibawa Liburan Nataru

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah RI memastikan bahwa tidak ada pembatasan mobilitas selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022/23. Masyarakat bebas melakukan perjalanan memakai moda transportasi apapun, termasuk mobil pribadi.

Namun diimbau agar seluruh aktivitas terkait tetap menerapkan protokol kesehatan sebab kasus Covid-19 dalam sepekan belakangan mulai kembali meningkat.

Guna memudahkan masyarakat yang hendak merayakan hari raya Natal maupun liburan, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo menerbitkan buku siap Nataru 2022/23, yang disebarkan pada Kamis (22/12/2022).

Di sana terdapat berbagai informasi penting dari titik potensi kemacetan, jadwal operasi angkutan berat, syarat melakukan perjalanan, sampai hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan perjalanan jauh menggunakan mobil pribadi.

"Potensi pergerakan Nataru tahun ini adalah sebesar 44,1 juta atau 16 persen dari jumlah penduduk Indonesia yang akan berpergian. Tetapi di tahun ini, 2022/23 bisa dipastikan kita tidak akan membatasi masyarakat untuk melakukan pergerakan," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Adapun poin penting yang perlu disiapkan sebelum melakukan perjalanan jarak jauh pakai mobil, pemerintah mengimbau untuk pemilik atau pengemudi mengecek mesin kendaraan apakah masih baik atau perlu diservis dahulu.

Kemudian yang tidak kalah pentingnya, pastikan juga kondisi pengendara dan anggota keluarga dalam kondisi sehat. Jangan lupa, lengkapi dokumen persyaratan perjalanan di dalam negeri seperti sudah vaksin 3x dan terkoneksi PeduliLindungi.

"Pastikan bensin kendaraan mencukupi. Jika kondisi jalan macet, cek dan rencanakan lokasi pengisian BBM agar tidak kehabisan BBM di jalan," tulis imbauan tersebut.

Persiapakan kebutuhan pribadi seperti obat-obatan, vitamin, makanan, dan minuman secukupnya. Lalu juga pastikan ketersediaan dan kelengkapan prokes seperti masker dan hand sanitizer.

Jangan lupa juga pastikan saldo e-money mencukupi selama perjalanan. Bagi masyarakat yang hendak menuju tol trans jawa, bisa cek biayanya melalui situs https://bpjt.pu.go.id/cek-tarif-tol.

Untuk memastikan perjalanan aman, pengemudi juga bisa mengecek kondisi jalan yang akan ditempuh melalui berbagai pantauan dari NTMC, google maps, https:// binamarga.pu.go.id/index.php/contents/cctv.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/12/22/185100415/pastikan-kondisi-mobil-sehat-sebelum-dibawa-liburan-nataru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke