Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Daftar Pikap Paling Dicari Pengusaha di Semarang

SEMARANG,KOMPAS.com - Pikap termasuk salah satu segmen mobil niaga yang banyak dicari. Peminatnya datang dari kalangan pengusaha, terutama digunakan akomodasi pengiriman barang ke luar kota. 

Di pasaran ada beberapa pilihan pikap, yang menarik tentu saja khusus kisaran harga dibawah Rp 100 jutaan. 

Pasarnya bagus karena menjangkau kalangan-kalangan pengusaha skala kecil dan menengah.

Terlebih di daerah, seperti halnya Kota Semarang dan sekitarnya tercatat sebagai sentra ekonomi kreatif yang menghasilkan produk-produk berdaya saing lokal bahkan internasional. 

Melihat kondisi tersebut, tim redaksi, Jumat (9/12/2022) berusaha mencari informasi terkait jenis pikap seperti apa yang cocok untuk segmen mobil niaga di Kota Semarang. 

Seperti disampaikan Hengky, di salah satu showroom Bursa Mobil Bekas (BMB) Giant Semarang. Menurut dia, Grand Max tetap jadi nomor satu. Faktornya karena harga yang terhitung masuk akal untuk segmen di Kota Semarang. 

"Grand Max, dibawah Rp 100 juta dapat tahun muda. Bak yang luas, bensin irit, dan tenaganya rasanya cocok untuk jalan-jalan Semarang," ujarnya ditemui Kompas.com, Jumat (9/12/2022). 

Sementara model lainnya peminatnya kurang lantaran dianggap tak begitu tangguh. Hengky menambahkan, populasi mobil niaga yang banyak digunakan salah satunya melihat ketersediaan model yang sama di pasaran. 

"Mesin Grand Max 1.3 dan 1.5 itu kan basic sama seperti Avanza dan Xenia. Perawatan murah meriah, mudah, dan suku cadang melimpah. Dua mobil itu kan dianggap mobil sejuta umat," kata dia. 

Sementara itu, Candra Wijaya Saputra, Spesialis Jual Beli Pikap di Semarang lainnya menyebutkan, Grand Max pikap terhitung belum ada saingan karena pasarnya sudah terbentuk. 

"Di Kota Semarang ini unik, tiga tahun ini sejak sebelum pandemi Covid-19, justru banyak yang pilih Grand Max. Dulunya L-300, sepertinya karena perawatan, kualitas solar di daerah kan beda-beda," kata Candra. 

Seiring angka permintaan pasar yang kompetitif tersebut, harga bekas Grand Max juga jadi stabil. 

"Contohnya, Grand Max tahun 2014 harganya Rp 95 juta. Itu sudah 1.500 cc dan pakai AC. Banyak juga yang diatas harga itu, tergantung tahun dan kondisi," katanya. 

Berikut ini beberapa pilihan Grand Max dan pikap lainnya yang banyak diminati di Kota Semarang dan sekitarnya, yaitu: 

Grand Max 1.5 2017, Rp 90 juta 

Grand Max 1.5 2018, Rp 105 juta 

Grand Max 1.5 2019, Rp 109 juta 

Grand Max Pikap Box 1.3, Rp 90 juta 

Grand Max Blind van 2016, Rp 89 juta 

https://otomotif.kompas.com/read/2022/12/09/151200715/daftar-pikap-paling-dicari-pengusaha-di-semarang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke