Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bicara Kemungkinan Toyota Produksi Lokal Mobil Listrik

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor belum lama ini meluncurkan dua line-up kendaraan elektrifikasinya melalui Toyota bZ4X dan Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid.

Kedua mobil tersebut langsung mendapat sambutan positif dari konsumen otomotif. Bahkan belum sebulan meluncur, SPK kedua unit tersebut sudah mencapai ribuan unit. Lebih rinci bZ4X telah mencatatkan 1.300 pemesanan, dan Kijang Innova Zenix menorehkan 4.000 SPK.

Untuk diketahui saat ini Kijang Innova Zenix telah diproduksi secara lokal alias di pabrik Toyota, tepatnya di Karawang I, Jawa Barat.

Sedangkan untuk unit bZ4X masih diimpor secara utuh dari negara asalnya yaitu Jepang (Toyota Motor Corporation/TMC), alias completely build up (CBU).

Tak hanya itu, kabarnya Toyota juga bakal meluncurkan Toyota Kijang Innova Electric Vehicle (EV), namun sampai saat ini statusnya masih dalam tahap studi.

Lantas apakah Toyota berencana untuk memproduksi mobil listrik di Tanah Air? Mengingat permintaan kendaraan listrik Toyota cukup besar. 

Menjawab hal ini, Anton Jimmi Suwandi, Marketing Director PT Toyota Astra Motor mengatakan, hal tersebut bisa saja terjadi, hanya saja perlu adanya pembicaraan lebih lanjut dengan Toyota Motor Corporation (TMC) dan prinsipal.

“Segala sesuatu mungkin saja, kita akan diskusi dengan TMC dan prinsipal kedepan, produksi dalam negeri akan seperti apa,” ucap Anton, saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (8/12/2022).

Anton melanjutkan, tidak selamanya demand kendaraan elektrifikasi dari konsumen besar. Sebab, pihaknya memperkirakan hanya di awal saja sekitar satu sampai tiga bulan. Setelah itu baru ketahuan pola normal pembelian.

“Tapi kan belum ada konfirmasi, masih dalam tahap diskusi dan belum ada apapun yang bisa kita sampaikan. Ini kan baru satu bulan, jadi kita lihat juga kondisi stabilnya gimana, demand-nya seperti apa, model dan segmen apa, kita akan studi juga untuk lokal produksi,” lanjutnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/12/09/142100615/bicara-kemungkinan-toyota-produksi-lokal-mobil-listrik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke