Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kebanyakan Kecelakaan karena Rem Blong Disebabkan oleh Pengemudi

KLATEN, KOMPAS.com - Peristiwa kecelakaan bus yang disebabkan rem blong kerap terjadi, khususnya di medan menurun. Hal ini tentu membuat banyak pihak miris dibuatnya. Pasalnya, tidak sedikit nyawa penumpang sebagai taruhan.

Lantas, tidak kah ada langkah antisipasi agar rem bus tidak blong?

Senior Investigator KNKT Achmad Wildan mengatakan dari sekian banyak peristiwa kecelakaan yang disebabkan oleh rem blong, bukan karena kerusakan rem melainkan kesalahan pengemudi dalam memahami prosedur melewati jalanan menurun.

“Dari hampir keseluruhan kasus rem blong masalahnya adalah pengemudi, tidak terkait dengan sistem rem kendaraan,” ucap Wildan kepada Kompas.com, Senin (5/12/2022).

Dia mengatakan jika pengemudi memahami prosedur melewati jalanan menurun, rem kendaraan tidak akan blong seperti yang banyak dijumpai.

“Saat melewati jalan menurun, hal yang perlu diperhatikan adalah tidak boleh hanya mengandalkan rem utama, tapi harus mengandalkan engine brake,” ucap Wildan.

Menurut Wildan, dengan memasang gigi rendah untuk melewati jalanan menurun maka laju kendaraan akan menjadi pelan, tidak menyelonong karena gaya dorong gravitasi.

Hal serupa juga disampaikan oleh Anang Kondektur truk pasir, dia mengatakan ketika melewati jalanan menurun memang seharusnya tidak mengandalkan rem utama melainkan menggunakan gigi rendah untuk menahan laju kendaraan.

“Untuk kendaraan berat seperti truk pasir, atau bus biasanya memang sopir akan memasukkan gigi transmisi ke level rendah sebelum memasuki turunan, dengan demikian kendaraan akan tertahan, seperti ada yang mengganduli,” ucap Anang kepada Kompas.com, Senin (5/12/2022).

Dia mengatakan kalau hanya mengandalkan rem utama takutnya kampas rem menjadi panas dan bisa bikin rem blong.

Jadi, dari sekian banyak kasus rem blong KNKT menemukan pengemudi melakukan kesalahan dalam prosedur ketika melewati jalan menurun.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/12/05/171200615/kebanyakan-kecelakaan-karena-rem-blong-disebabkan-oleh-pengemudi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke