Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Yamaha Ciptakan Teknologi Motor Anti Jatuh

AMSAS dapat menstabilkan motor pada kecepatan rendah kurang dari 5 km per jam. Teknologinya mengadopsi Inertial Measurements Unit (IMU) 6-axle yang juga dipakai pada Yamaha R1.

Dalam demonstrasi terlihat motor melaju dalam kecepatan rendah. Motor demo yang merupakan Yamaha R25/R3 tersebut bisa berbelok sendiri dan tidak jatuh bahkan tanpa pengendara.

AMSAS disebutkan juga dilengkapi dengan fungsi kontrol canggih yang dapat membantu pengendara menyeimbangkan badan dalam kondisi motor sedang pelan.

Presiden Yamaha Motor, Yoshihiro Hidaka, mengatakan, AMSAS yang merupakan sistem pendukung stabilisasi roda dua bertujuan agar masyarakat bebas kecelakaan atau zero accident saat naik motor pada 2050.

"Jin-Ki Kanno adalah konsep pengembangan unik Yamaha. Ini adalah teknologi yang menciptakan, melalui hubungan yang saling melengkapi antara manusia dan mesin, kami bersama-sama menciptakan jalan dari tantangan ke pengalaman emosional dengan pelanggan kami," kata dia mengutip Response jp, Senin (28/11/2022).


Heiji Maruyama, Director and Senior Executive Officer, General Manager of Yamaha's Technology and Research Division, mengatakan, tujuan utama AMSAS ialah agar pengendara dapat nyaman dan tidak khawatir saat naik motor.

"Sistem pendukung stabilisasi sepeda motor ini dikembangkan dengan tujuan agar setiap orang dapat menikmati rasa kesatuan dengan mesin dengan ketenangan pikiran dan kenyamanan," kata dia.

"Teknologi bantu untuk menstabilkan postur kendaraan dalam situasi di mana keterampilan mengemudi pengendara yang tinggi diperlukan pada kecepatan rendah," kata Maruyama.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/11/28/120200415/yamaha-ciptakan-teknologi-motor-anti-jatuh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke