Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Honda BR-V Libas Jalan Tol Trans-Sumatera, Konsumsi BBM Tembus 15,8 Kpl

PALEMBANG, KOMPAS.com - Setelah tiba di Lampung, tim Merapah Trans-Sumatera 2022 langsung lanjutkan perjalanan ke Palembang, Sumatera Selatan. Perjalanan dilanjutkan ke ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter) dan dilanjutkan dengan Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Besar (Terpeka).

Pada etape kali ini, perjalanan didominasi dengan tol secara penuh, ini jadi kesempatan yang pas untuk mencoba fitur Honda Sensing pada Honda BR-V terbaru.

Rangkaian fitur yang sangat berguna saat mengemudi di jalan tol adalah Lane Keeping Assist System (LKAS) dan Adaptive Cruise Control (ACC).

Jadi selama fitur diaktifkan, maka mobil akan tetap berada di lajurnya berkat LKAS. Selain itu, ketika berjalan pun mobil bisa disetel kecepatannya tanpa repot-repot injak gas dan rem karena ACC.

Fitur ini sangat memanjakan pengemudi, tapi tetap harus waspada karena kondisi jalan tol yang cukup bervariatif konturnya.

Memang banyak ruas yang mulus, tapi tidak jarang juga yang bergelombang, bahkan banyak titik juga yang sedang diperbaiki, jadi pengemudi harus lebih berhati-hati.

Tim sempat beristirahat di rest area KM 163 untuk membeli camilan dan minuman dingin karena kondisi cuaca yang cukup panas saat itu.

Kemudian, pada rest area ini juga punya tempat pengecasan untuk mobil listrik atau Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), jadi bagi pemilik mobil listrik, bisa istirahat sambil mengisi daya kendaraannya.

Kami pun kembali melanjutkan perjalanan dan lagi-lagi sambil mengaktifkan fitur LKAS dan ACC yang sangat membantu.

Tapi selama perjalanan, fitur tersebut kadang dimatikan karena terjebak di belakang truk yang lambat dan karena ada pekerjaan jalan, jadi pengemudi tetap harus waspada dan siap menghadapi berbagai rintangan.

Perjalanan sampai Palembang harus beberapa kali terhambat, tim sempat berhenti di KM 254 untuk melihat perbaikan jalan yang sedang dilakukan Hutama Karya sebagai pengelola.

Pekerjaan dengan metode white topping atau pembetonan ini dilakukan mengingat adanya jalan yang ambles dan harus segera diperbaiki untuk memenuhi standar pelayanan minimum (SPM).

Tim Merapah Trans-Sumatera tiba di Palembang sekitar pukul 19.30 WIB, perjalanan menuju hotel juga terhambat karena macet malam minggu. Adapun jarak yang kami tempuh dari Lampung ke Palembang adalah sejauh 410 Km.

Honda BR-V dalam etape tersebut berhasil mencatatkan konsumsi bahan bakar 15,8 kilometer per liter (kpl) memakai BBM jenis RON 92.

Perlu dipahami, kondisi jalan yang dilalui cukup beragam, selain itu gaya mengemudinya pun bukan eco driving, mengejar waktu agar tidak terlalu larut sampai Palembang.

Setelah istirahat di Palembang selama dua malam, tim bersiap untuk melanjutkan perjalanan sampai Jambi. Rute yang akan dilewati melintasi Lintas Timur Sumatera, ini akan jadi perjalanan yang seru.

Penasaran seperti apa performa Honda BR-V melintasi Lintas Timur Sumatera, terus ikuti liputan Merapah Trans-Sumatera 2022.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/11/20/183408115/honda-br-v-libas-jalan-tol-trans-sumatera-konsumsi-bbm-tembus-158-kpl

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke