Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Fabio Quartararo Kesal Motor Baru Yamaha Tak Ada Peningkatan

JAKARTA, KOMPAS.com - Sesi tes resmi sudah digelar jelang MotoGP 2023. Pada sesi tes yang dihelat di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Fabio Quartararo menempati posisi kesembilan dengan waktu 1 menit 30.578 detik.

Rider Monster Energy Yamaha itu pun mengaku kecewa dengan hasil yang didapat. Menurutnya, mesin YZR-M1 2023 yang ia jajal pada tes tersebut tidak sesuai dengan apa yang diharapkan.

“Saya terkejut karena sebenarnya mesin ini seharusnya sedikit lebih cepat daripada yang kami uji di Misano dan Barcelona. Tetapi saya menemukan itu sama dengan mesin 2022, yang saya pakai dua hari lalu,” ucap Quartararo, dikutip dari Crash, Rabu (9/11/2022).

“Terutama pada lap kualifikasi. Kami membandingkan kecepatan dan itu sama. Jadi kami harus menganalisis apa yang terjadi karena kami menjalani dua tes Misano dan Barcelona. lalu Cal (Crutchlow) membuat Motegi dan Jerez dan mereka melihat perbedaan pada mesin [baru]. Tapi saat ini, tidak ada perbedaan, jadi kami harus menganalisis dengan baik apa yang terjadi,” lanjutnya.

Seperti diketahui, mesin anyar itu sudah di tes oleh Quartararo dan Morbidelli pada pertengahan musim 2022. Kedua rider itu mengaku puas karena mesin tersebut jauh lebih cepat.

Mesin baru YZR-M1 kemudian kembali di uji oleh test rider Yamaha, Cal Crutchlow di Jerez dan Motegi. Hasilnya, Cal mengaku puas dan menyebut bahwa mesin tersebut cukup cepat.

Namun, pada tes Valencia Quartararo dan Morbidelli menyebut bahwa mesin tersebut tak berbeda dari mesin YZR-M1 2022. Rider yang dijuluki El Diablo itu pun secara terang-terangan mengaku kecewa pada Yamaha.

“Ya, tentu saja (kecewa)! Ini bukan cara yang saya inginkan untuk mengakhiri tahun, tetapi pada akhirnya ada yang tidak beres. Tidak mungkin di Misano dan Barcelona kami merasakan peningkatan dan saat ini tidak ada apa-apa,” katanya.

Pada tes Valencia, Fabio Quartararo berada di posisi sembilan dengan catatan waktu 1 menit 30,578 detik. Sedangkan rekan setimnya, Franco Morbidelli, berada di urutan ke-14 tercepat.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/11/09/132100515/fabio-quartararo-kesal-motor-baru-yamaha-tak-ada-peningkatan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke