Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Membaca Tahun Produksi Ban Mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Ban mobil dikabarkan memiliki masa kedaluwarsa. Artinya, ketika Anda ingin membeli ban di toko perlu memperhatikan kode produksi.

Kode produksi ban tersebut bisa dibaca dengan mudah oleh siapa saja. Pasalnya, hampir semua ban disertakan kode produksi ini agar pembeli bisa melihat secara langsung kapan masa kedaluwarsanya.

Lantas, bagaimana cara membaca tahun produksi ban dari kode tersebut?

Mekanik Shop & Drive Pondok Bambu Alfiyan Iqbal mengatakan, kode produksi dapat membantu calon pembeli biar mendapatkan ban yang terbaru dengan kualitas terjamin.

“Mengetahui kode produksi ban ini menjadi hak pelanggan, karena dengan bisa membaca kode produksi maka pelanggan akan mendapatkan ban yang sesuai dengan kebutuhan,” ucap Iqbal kepada Kompas.com, Selasa (1/11/2022).

Dia mengatakan cara untuk membaca kode produksi ban juga cukup mudah, karena kode tersebut hanya ada empat digit.

“Kode produksi ada empat digit, dua digit terakhir itu menandakan tahun produksinya, sedangkan dua digit paling depan menandakan minggu ke berapa di tahun tersebut,” ucap Iqbal.

Dia memberikan contoh dari ban yang ada di lapangan, kode produksi mudah dilihat ada di dinding ban bagian luar.

“Misal di ban tertera kode produksi 2320, itu artinya ban tersebut diproduksi pada minggu ke 23 tahun 2020, jadi sekitar bulan Mei 2020,” ucap Iqbal.

Dia mengatakan dari diketahuinya kapan ban tersebut diproduksi maka calon pembeli bisa memperkirakan apakah ban tersebut sudah mendekati masa kedaluwarsa atau belum.

“Bila ban tersebut sudah diproduksi setahun yang lalu, maka biasanya pembeli akan mendapatkan potongan harga yang semakin besar,” ucap Iqbal.

Jadi, mulai sekarang Anda bisa memilih ban sesuai dengan kebutuhan, mau memilih ban yang terbaru dengan kualitas terjamin atau ban yang sudah agak lama diproduksi, jika toko ban tersebut memang menyediakan.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/11/02/121200015/cara-membaca-tahun-produksi-ban-mobil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke