Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lihat Pikap Otonom dari Honda, Bisa Dikendalikan Lewat Remote Control

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda Amerika membuat prototipe kendaraan listrik otonom unik dan dibuat untuk kerja. Kendaraan tersebut diberi nama Honda Autonomous Work Vehicle atau AWV.

Honda AWV ini memiliki bentuk yang unik, seperti bak yang dipasang roda serta bisa berjalan sendiri (tanpa awak). Selain itu, AWV juga bisa dikendalikan dari jarak jauh memakai remote control.

Dikutip dari Hondanews, Honda bekerja sama dengan Black & Veatch, perusahaan konstruksi solar energy untuk melakukan uji coba. Di sana, AWV dipakai kerja, towing, membawa material, air, dan sebagainya.

AWV memiliki basis sasis dari kendaraan ATV Honda, jadi sudah dilengkapi dengan sistem pengerak 4x4. Kemudian, AWV dilengkapi juga dengan perangkat autonomous seperti sensor, GPS, radar, lidar, serta kamera untuk monitor.

Secara dimensi, AWV punya panjang 2,9 meter, tinggi 1,42 m, dan lebar 1,5 meter. Ukurannya memang mungil, tapi kemampuan angkutnya cukup besar, yakni sampai 399 kilogram dan towing sampai 750 kilogram.

Kemudian, berkat ukurannya yang mungil, AWV punya radius putar cuma 3,9 meter. Jadi dengan kemampuan 4x4, radius putar yang kecil, AWV sangat cocok membawa barang ke area-area yang sempit dan off-road.

Untuk ukuran baterainya, memang belum diinformasikan secara rinci, tapi bisa menempuh jarak 45 Km sekali cas. Lama pengecasan dari AWV ini masih cukup lama, sekitar 6 jam (120 V).

https://otomotif.kompas.com/read/2022/10/31/160100715/lihat-pikap-otonom-dari-honda-bisa-dikendalikan-lewat-remote-control

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.