Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kencan Singkat dengan Jaguar I-Pace, Sensasi Nyetir SUV Listrik

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil listrik Jaguar I-Pace resmi diluncurkan ke pasar Indonesia melalui PT JLM Auto Indonesia. Seremoni ini dilakukan di Edutown BSD, pada Selasa (25/10/2022).

Sport utility vehicle (SUV) premium ini sekaligus menjadi kendaraan listrik pertama yang dihadirkan oleh produsen asal Inggris di Tanah Air.

Bersamaan dengan peluncurannya, PT JLM Auto Indonesia juga mengadakan media test drive. Meski sangat-sangat terbatas, baik dari waktu dan tempat, tapi paling tidak bisa mengobati rasa penasaraan bagaimana sensasi mengendarai Jaguar I-Pace ini.

Sebagai informasi, Jaguar I-PACE dibekali teknologi baterai 90 kWh, mobil ini diklaim mampu menghasilkan tenaga 400 Ps atau 394 Tk yang mampu menghasilkan torsi 694 Nm.

Kapasitas baterai tersebut diklaim membuat I-PACE bisa menempuh jarak hingga 470 Km berdasarkan WLTP.

Ketika mendapat kesempatan mengendarai Jaguar I-Pace yang dibanderol Rp 2,907 miliar off the road ini, menjadi momen yang cukup berkesan.

Mengingat Jaguar I-Pace adalah kendaraan full listrik (Battery electric vehicle/BEV), sensasi yang ditawarkan ketika berada di kabin tentu berbeda dengan SUV premium lainnya. Di mana suasana terasa senyap meski mesin telah dihidupkan.

Tim redaksi diberikan kesempatan untuk melakukan 2 kali putaran (di trek). Sebelum berakselerasi, putaran pertama digunakan untuk sekadar beradaptasi serta menghafal arah lintasan. Selanjutnya, redaksi diberi kesempatan untuk menekan pedal gas lebih dalam.

Hanya saja, demi keselamatan hal tersebut tidak bisa dilakukan secara maksimal, karena kondisi cuaca yang hujan deras dan trek yang disediakan basah hingga tergenang air.

Begitu kick down, sensasi torsi instan langsung terasa, padahal mode berkendara yang digunakan adalah normal. Ketika melahap tikungan dengan gerakan agresif, tak ada gejala under steer atau over steer.

Kaki-kaki terasa rigid mencengkram aspal sehingga membuat gerakan terasa stabil, demikian juga dengan handling-nya yang cukup baik.

Secara keseluruhan, meski masih penasaran dengan tenaga dan torsi di putaran atas, dan jujur kata kurang puas hanya menjajal dalam hitungan menit dan di trek yang begitu terbatas, tapi kencan singkat dengan Jaguar I-Pace memberikan pengalamanan menarik.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/10/26/162100315/kencan-singkat-dengan-jaguar-i-pace-sensasi-nyetir-suv-listrik

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.