Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bandingkan Fitur Stargazer dan Veloz, Mana yang Lebih Canggih?

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Veloz sebagai salah satu kendaraan keluarga 7-penumpang berharga murah atau low multi purpose vehicle (LMPV) terlaris di Indonesia mendapat saingan baru yang cukup serius dari Korea Selatan, Hyundai Stargazer.

Pasalnya, dengan berbagai keunggulan pada sektor fitur canggih, kendaraan tersebut kini sudah berhasil menekuk beberapa produk sejenis lainnya seperti Nissan Livina, Wuling Confero, sampai Daihatsu Xenia.

Lantas apabila dibandingkan Veloz, benarkah Stargazer lebih unggul dalam hal fitur? Untuk itu, redaksi Kompas.com melakukan komparasi pada sektor terkait.

Sebelum ke sana, melihat dari harga pasaran yang ditawarkan tipe tertinggi dari Stargazer dibanderol Rp 307,1 juta. Sementara Veloz, ialah Rp 331 juta sehingga ada selisih mencapai Rp 24 jutaan.

Dengan perbandingan tersebut, secara logika harusnya Veloz memiliki banyak kelebihan tidak terkecuali soal fitur. Namun sayangnya, bila berbicara canggih agaknya Stargazer memiliki keunggulan yang cukup signifikan.

Memang, kedua LMPV ini punya fitur unggulan Advance Driving Assist System (ADAS) yang berbasis sensor radar dan kamera. Kalau di Stargazer, namanya Hyundai Smartsense sedangkan Veloz dengan Toyota Safety Sense (TSS).

Namun kelengkapannya sangat berbeda, semisal di Stargazer ada Rear Cross Traffic Collision Avoidance Assist (RCCA), Blind Spot Collision Avoidance Asssist (BCA), Driver Attention Warning, Rear Occupant Alert, Manual Speed Limit Assist, Cruise Control, sampai FC Avoidance Assist (FCA).

Sementara Veloz, memiliki Pedal Mis-operation control, Brake Hold, serta All Round View Cammera. Sisanya, fitur mereka serupa hanya penamaannya saja yang beda.

Artinya, pada hal fitur keamanan terkhusus mencegah potensi kecelakaan dari pejalan kaki, Stargazer lebih lengkap.

Ditambah, mobil memiliki cruise control dan TPMS yang sangat berguna saat perjalanan jauh di tol seraya memantau keseimbangan tekanan udara ban.

Pada fitur konektifitas, keduanya juga cukup lengkap. Stargazer dilengkapi dengan Hyundai BlueLink sementara Veloz dengan Toyota T-Intouch.

Ftur T intouch menawarkan berbagai kemudahan bagi pemilik kendaraan lewat bantuan operator. Fitur ini terdiri dari kemampuan find my car, geofencing, e-car, support center, dan road assistance.

Namun jika dibandingkan dengan Hyundai BlueLink, kelengkapannya sangatlah jauh. Sebab, fitur ini memungkinkan pemilik untuk terhubung dan memiliki akses penuh ke kentaraan lewat telepon gengam.

Beberapa fitur utamanya antara lain adalah auto collision notification (ACN), tombol SOS / Emergency Assitance dan Roadside Assitance (RSA), vehicle health report, vehicle status check, stolen vehicle notification, time fencing notificaton, valet mode, sampai door lock-unlock dan pengaturan AC.

Meski demikian, pada fitur hiburan Veloz mengungguli Stargazer karena punya layar touchscreen lebih besar 1 inci, rear seat entertainment, auto-climate control, long sofa mode, serta jok dengan bahan kombinasi fabric dan kulit.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/10/18/152100215/bandingkan-fitur-stargazer-dan-veloz-mana-yang-lebih-canggih-

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.