Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Karakter Injektor pada Mesin Bensin yang Sehat

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Injektor merupakan komponen yang bertugas mengabutkan bahan bakar ke dalam ruang bakar. Sehingga, bahan bakar dapat yang bercampur dengan udara dalam waktu singkat.

Seperti yang diketahui, pembakaran pada mesin bensin membutuhkan campuran udara dan bahan bakar yang homogen sehingga mudah dibakar dengan cepat.

Maka dari itu, karakter injektor yang sehat perlu dikenali seperti apa. Dengan demikian penanganan dapat dilakukan dengan lebih dini pada injektor yang bermasalah.

Pemilik Aha Motor Spesialis Nissan & Datsun Hardi Wibowo mengatakan, injektor yang sehat bisa dikenali dengan melakukan pengujian di alat khusus, yang bisa menampilkan pola semprotan bahan bakar.

“Ada alat khusus untuk melihat karakter injektor mesin bensin, nanti semua injektor ini dilepas dari mesin lalu dipasang pada alatnya untuk dilakukan pemeriksaan sekaligus membersihkan” ucap Hardi kepada Kompas.com, Jumat (14/10/2022).

Dia mengatakan pola penginjeksian bahan bakar ke dalam ruang bakar itu memiliki karakter yang khas. Jika bentuk pengabutan bahan bakar ini tidak sesuai, maka dapat dipastikan performa mesin akan berkurang.

“Penginjeksian yang bagus itu membentuk pola yang seperti sorot lampu dan berkabut, sedangkan yang jelek polanya tidak teratur atau berbeda dengan injektor lainnya, bisa juga semprotannya menetes sehingga bahan bakar tidak berkabut dengan sempurna,” ucap Hardi.

Dia mengatakan hal itu bisa terjadi bila ada sumbatan di injektor, bisa karena kotoran atau memang injektornya yang rusak akibat benturan sehingga lubang halusnya buntu.

“Kalau kotor atau lubang halusnya buntu, selain pengabutan tidak sempurna juga bisa membuat bahan bakar tidak mengalir sama sekali,” ucap Hardi.

Selain itu, dia mengatakan jumlah bahan bakar yang disemprotkan dalam satuan waktu seharusnya sama pada masing-masing injektor.

“Pada alat tersebut juga bisa dilihat jumlah bahan bakar yang berhasil di injeksikan, seharusnya bila injektor sehat maka jumlah bahan bakar pada masing-masing tabung ukur injektor tersebut sama,” ucap Hardi.

Jadi, karakter injektor pada mesin bensin yang sehat yaitu bentuk penginjeksiannya berwujud kabut, semprotan kuat membentuk pola seperti sinar lampu, dan jumlah bahan bakarnya sama dengan injektor lainnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/10/15/102200515/mengenal-karakter-injektor-pada-mesin-bensin-yang-sehat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke