Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kontes Modifikasi Audio Berkonsep Endurance Battle Siap Digelar

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia Car Audio Tuning Endurance Battle 2022 bakal segera diselenggarakan pada 18-19 Oktober di Black Stone Garage.

Menggandeng Pengepul Mobil, ajang kompetisi car audio pertama dengan konsep endurance tersebut rencananya akan diadakan dalam beberapa seri.

Putaran perdana, kompetisi digelar bagi para instalatur audio mobil di Jakarta untuk melakukan instalasi, tuning dengan merek dan jenis mobil yang sama, peranti audio, juga material yang sama yang telah disediakan.

Hari pertama dimulai dengan proses instalasi, dilanjutkan tuning, dan pada hari kedua dilakukan penilaian, pada lokasi pengerjaan yang sama dan dengan batas waktu yang telah ditentukan.

"Konsep ini pertama kalinya diadakan di Indonesia, yaitu mengumpulkan enam car audio installer terbaik di Jakarta, untuk diadu skill-nya. Kami juga mengajak merek-merek ternama di bidang audio mobil untuk mendukung kompetisi ini," kata Jacki Suwandi, Founder Pengepul Mobil, dalam katerangan resminya, Selasa (11/10/2022).

Keenam instalatur audio yang bakal meramaikan kompetisi awal Indonesia Car Audio Tuning Endurance Battle 2022, terdiri dari AJM Audioworks, BestBuddyShop, Begja Autotronics, Duta Audioworks, CAS Audio, dan Bronson Audio.

Para peserta akan memodifikasi dan melakukan tuning audio Toyota Kijang Innova Reborn tipe G dengan mesin diesel lansiran 2017-2022, yang semuanya dimulai dari kondisi standar.

"Mesin belum dioprek, peredam belum dipasang. Uang pendaftarannya Rp 5 juta, buat bersih AC dan cuci mobil. Mobil ini dibuat battle, akan diinstalasi enam instalatur terbesar di Indonesia, tuner kontes audio mobil ‘Champion of Champion’," kata Jacki.

Tak hanya itu, keenam peserta juga harus melakukan upgrade audio dengan konsep instalasi yang sama, yaitu 2-way OEM, yang mana instalasinya mengikuti bentuk OEM atau standar bawaan pabrik dari mobil yang dimodifikasi.

Khusus subwoofer, instalatur akan membuatkan boks dari material yang disediakan, langsung di lokasi acara dengan bahan kayu MDF dan material kulit yang disediakan. Batas waktunya hanya 60 menit.

Selain itu, peserta Indonesia Car Audio Tuning Endurance Battle juga diwajibkan memasang sarung jok, sarung setir, dan wrapping bodi selama instalasi berlangsung, sebagai standar pengerjaan instalasi.

Batas waktu instalasi peserta mulai pukul 09.00-17.00 WIB. Hari kedua, peserta wajib melakukan tuning dengan durasi dari pukul 09.00-14.00 WIB. Setelah itu akan ada penilaian dari juri bersertifikat mengikuti regulasi regulasi prosumer dari asosiasi Car Audio Network (CAN)

Untuk penilaian secara non-teknis, akan dilakukan oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR-RI) dan ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo alias Bamsoet. Caranya dengan cara memutar satu lagu sesuai selera dan pemenang akan mendapatkan piala “Bamsoet’s Choice”.

Eko Putranto dari SoundandMachine mengatakan, latar belakang dari acara ini bertujuan memajukan industri aftermarket otomotif, khususnya di bidang audio mobil pasca-pandemi.

"Dalam hal ini, kami ingin semua merek car audio dan merek pendukung yang terkait untuk maju bersama. Untuk itu, di kompetisi ini kami terapkan penggunaan peranti audio lintas merek," kata Eko.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/10/12/123100215/kontes-modifikasi-audio-berkonsep-endurance-battle-siap-digelar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke