Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pemotor Wajib Waspada, Ada Bahaya Tersembunyi saat Lewati Genangan Air

SEMARANG, KOMPAS.com - Genangan air sudah menjadi pemandangan yang lazim ketika musim hujan, bahkan di jalan protokol sekalipun. 

Tapi bagi pengguna kendaraan bermotor, khususnya sepeda motor, wajib selalu berhati-hati ketika ingin melibas genangan air.

Pasalnya tak semua aman, da genangan air yang terjadi karena jalan berlubang. Hal ini menjadi momok karena seperti sebuah jebakan yang berbahaya.

Jalan berlubang yang tertutup genangan air bisa menyebabkan pengendara kehilangan kontrol dan bahkan sampai kecelakaan fatal. 

Lantas bagaimana supaya tak jadi korban? 

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia mengatakan, ada dua pilihan bagi pengendara motor, yakni menghindar atau menerjang lubang. 

Kuncinya adalah jangan sampai kaget dan malah melakukan pengereman mendadak. 

"Yang dikhawatirkan ketika melihat lubang, malah rem mendadak, tanpa mempertimbangkan kondisi bahaya kendaraan di belakang. Takutnya, pemotor atau pengendara mobil kaget dan jadi tabrakan," ucap Sony kepada Kompas.com, Sabtu (8/10/2022). 

Selain rem mendadak, kata dia, risiko selanjutnya bisa terjadi ketika pengendara bermanuver menghindari lubang. 

Manuver mendadak ke kiri maupun kanan bisa membahayakan kendaraan belakang atau berlawanan arah. 

"Hampir sama seperti rem mendadak, pengendara belakang bahkan lajur berlawanan bisa kaget. Ya, satu-satunya jalan pilihannya hanya menghajar lubang," kata dia. 

Founder & Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting Jusri Pulubuhu mengatakan, ada teknik aman menerjang lubang seperti biasa digunakan para rider motorcross, caranya setengah berdiri dan mengangkat pundak. 

Hal tersebut digadang-gadang untuk menjaga keseimbangan dan mencegah cedera pinggang dan punggung. 

"Keseimbangan lebih baik, biasanya tumpuan berkendara adalah punggung, ini dilakukan karena suspensi motor biasa beda sama motorcross. Posisi setengah berdiri langsung bertumpu pada kaki," ucap Jusri. 

Jusri menjelaskan, posisi tersebut berkaitan dengan hukum fisika. Saat tubuh setengah berdiri maka titik berat badan ada di bawah, sedangkan makin di bawah makin stabil. Karena itu, motor lebih mudah dikendalikan.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/10/08/142200315/pemotor-wajib-waspada-ada-bahaya-tersembunyi-saat-lewati-genangan-air-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke