Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] Volta Luncurkan Motor Listrik Mirip Vespa, Harga Rp 18 Jutaan | Pelat Nomor Kendaraan Warna Hijau, Berlaku di Wilayah Ini

JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran kendaraan listrik Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2022 berlangsung pada 28 sampai 30 September 2022.

Gelaran ini diikuti oleh berbagai produsen otomotif, salah satunya adalah Volta, sebagai anak usaha PT NFC Indonesia Tbk NFCX, MCAS Group.

Bicara soal pelat, Kakorlantas Polri telah merealisasikan penggunaan pelat nomor kendaraan dengan warna dasar putih di beberapa daerah.

Keputusan ini sebagai tindak lanjut dari Peraturan Kepolisian No. 7 Tahun 2021 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor. Penerapan ini dilakukan secara bertahap ke seluruh wilayah Indonesia.

Selengkapnya, berikut ini 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada hari Jumat, 30 September 2022.

1. Volta Luncurkan Motor Listrik Mirip Vespa, Harga Rp 18 Jutaan

Keikutsertaan Volta dalam pameran ini sekaligus menjadi bentuk partisipasi dan dukungan sebagai motor listrik karya anak bangsa guna membantu mewujudkan komitmen pemerintah terkait pembangunan berkelanjutan dan percepatan transisi ke energi bersih.

“Kali ini, kami merasa senang dapat berkesempatan hadir dalam ajang IEMS 2022, di mana selain kembali menunjukan Volta 401 sebagai unit unggulan, kami juga memperkenalkan Volta seri Mandala sebagai inovasi varian model terbaru,” ucap Iwan Suryaputra, Chief Executive Officer Volta dalam keterangan resmi, Kamis (28/9/2022).

2. Pelat Nomor Kendaraan Warna Hijau, Berlaku di Wilayah Ini

Namun untuk kawasan Free Trade Zone (FTZ) di Batam, Bintan dan Karimun akan menggunakan pelat warna dasar hijau tulisan hitam.

Dirlantas Polda Kepri Kombes Tri Yulianto menjelaskan, perbedaan warna pelat nomor kendaraan tersebut berdasarkan Penyelenggaraan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas.

3. Apa Benar Berhenti di Tanjakan Pakai Gigi D Bikin Mobil Matik Jebol?

Meski pengguna mobil transmisi matik sudah menjamur, namun cukup banyak yang belum benar-benar mengerti soal pengoperasiannya.

Seperti diketahui, mobil matik jadi pilihan karena menawarkan kemudahan dan kenyamanan dalam berkendara, apalagi untuk mobilitas di perkotaan.

4. Tahun Depan BPKB Berubah Jadi Seperti Paspor

Korlantas Polri berencana mengubah bentuk fisik Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BKPB) yang selama ini kita kenal, menjadi bentuk yang lebih ringkas, dan dilengkapi cip elektronik.

Korlantas Polri menjelaskan, perubahan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BKPB) menjadi elektronik bukan berarti bentuknya berubah menjadi kartu, seperti SIM elektronik atau KTP elektronik.

5. Apa Benar Sering Engine Brake Bikin Singkat Usia Transmisi

Selain mengandalkan sistem pengeremen untuk mereduksi kecepatan, pengendara juga bisa melakukan engine brake, termasuk pada mobil transmisi matik.

Biasanya, engine brake dilakukan untuk meringakan kerja rem, contoh saat di turunan panjang. Jika tak diimbangi engine brake, kemungkinan membuat rem cepat panas.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/10/01/060200615/-populer-otomotif-volta-luncurkan-motor-listrik-mirip-vespa-harga-rp-18

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.