Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jelang KTT G20, Korlantas Beri Pelatihan Kendaraan Listrik buat Personel

JAKARTA, KOMPAS.com – Jelang pelaksanaan KTT G20 di Bali pada November 2022, Korlantas Polri melatih 264 personel pengawal tamu VVIP KTT G20 mengemudikan kendaraan listrik.

Seperti diketahui, kendaraan listrik akan digunakan sebagai kendaraan operasional selama acara internasional tersebut.

“Ada perbedaan signifikan antara kendaraan listrik dan kendaraan konvensional,” Kasi Pengawalan Subdit Wal PJR Ditgakkum Korlantas Polri AKBP Pramono Jati, disitat dari NTMC Polri (28/9/2022).

Pelatihan mengemudi mobil dan sepeda motor listrik untuk 264 personel pengawal VVIP G20 ini meliputi aspek keselamatan untuk tamu negara dan masyarakat.

Menurut Pramono, para personel pengawal harus memahami perbedaan dari kendaraan listrik agar tidak terjadi kendala mendasar pada saat pelaksanaan kegiatan.

Ia menjelaskan, perbedaan pertama antara kendaraan listrik dan konvensional terletak pada suara mesin saat kendaraan menyala.

Untuk kendaraan konvensional, mesin dalam keadaan menyala indikatornya mengeluarkan suara, sedangkan kendaraan listrik hampir tidak terdengar suaranya.

Pramono juga mengatakan, para personel Polri harus membiasakan perbedaan antara kendaraan listrik dan konvensional, khususnya selama pengawalan KTT G20.

Berbagai fitur kendaraan listrik juga diajarkan, supaya tidak ada kendala mendasar yang terjadi dalam mengemudi kendaraan baru tersebut.

Ia menambahkan, salah satu yang penting diketahui oleh para pengawal G20 adalah fungsi regenerative.

Kendaraan listrik tidak memiliki engine brake atau perlambatan kecepatan kendaraan saat gigi (persneling) diturunkan.

Dalam kendaraan listrik ketiadaan engine brake itu digantikan dengan fungsi regenerative yang terbagi tiga level dari satu hingga tiga.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/09/29/101200415/jelang-ktt-g20-korlantas-beri-pelatihan-kendaraan-listrik-buat-personel

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke