Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Innova Hybrid Sudah Bisa Dipesan, Ini Pernyataan Toyota Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) angkat bicara mengenai informasi terkait Kijang Innova Hybrid yang dikabarkan akan meluncur.

Beberapa diler resmi Toyota bahkan sudah membuka pemesanan untuk produk elektrifikasi terbaru yang hendak diluncurkan jelang akhir tahun ini dan dirumorkan ialah Innova Hybrid.

Dikatakan GM Marketing Planning and New Business TAM Lina Agustina, sampai saat ini pihak perseroan belum menentukan harga atas kendaraan terkait karena masih tahap negosiasi dengan prinsipal.

"Kita bahkan belum melakukan informasi apapun, tiba-tiba (keluar informasi) Kijang Innova Hybrid. Memang seru dan banyak sekali yang bahas. Ada juga yang sampai membahas harga," kata Lina di Menara Astra, Jakarta, Rabu (28/9/2022).

"Saya cukup takjub, sebab terus terang saya juga termasuk yang terlibat di dalam negosiasi pricing. Negosiasinya saja belum dimulai. Tapi pricing sudah ada," lanjut Lina.

Di sisi lain, dia menegaskan, Toyota memang akan memproduksi mobil hybrid secara massal dan diluncurkan di akhir tahun ini. Meski tidak secara eksplisit menyebutkan nama mobilnya.

Hal terkait sebagai komitmen perseroan untuk menuju era elektrifikasi di Tanah Air, sesuai instruksi dan arahan pemerintah RI dalam Perpres Nomor 55 tahun 2019 tentang percepatan program kendaraan listrik.

"Toyota akan segera produksi lokal untuk hybrid, jadi ditunggu saja. Kita akan segera informasikan produksi lokal untuk hybrid. Ini yang pertama karena sebelumnya kita masih impor," kata dia.

"Kita pasti komit di Indonesia sesuai arahan pemerintah, kita akan menambah line up. Timing-nya kapan ditunggu aja, yang jelas nggak lama lagi," lanjutnya.

Kabar munculnya Innova Hybrid awal mula ketika perseroan membawa model percontohan atas kendaraan serupa bertenaga listrik murni pada ajang IIMS 2022 lalu.

Kijang Innova EV Concept Study Car ini hadir dengan warna serba putih, dengan sentuhan grafis warna biru, serta logo Toyota krom dilapis warna biru.

Tidak lama berselang, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang sudah memberi bocoran Toyota bakal memperdalam kendaraan di segmen elektrifikasi. Hal tersebut pun diamini oleh beberapa direksi perseroan tapi tidak menyebutkan model dan waktunya.

Seiring berjalannya waktu, tiba-tiba beberapa tenaga penjual sudah membuka pemesanan awal atas Innova Hybrid yang diperkirakan bakal memiliki hargaRp 455 juta sampai Rp 625 juta.

"Rencananya, November akan launching," ujar tenaga penjual tersebut, kepada Kompas.com, Selasa (20/9/2022).

Ia bahkan menyebut bahwa mobil bakal memiliki tiga varian yang ditawarkan, yakni Innova G AT Hybrid di kisaran Rp 455 juta, Innova V AT Hybrid kisaran Rp 560 juta, dan Innova Q Hybrid mencapai Rp 625 juta.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/09/28/190100815/innova-hybrid-sudah-bisa-dipesan-ini-pernyataan-toyota-indonesia

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.